Mengenal Masalah Kesehatan Lewat Bentuk & Kondisi Lidah

Oleh: Febriansyah - 15 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Lidah yang sehat berwarna merah muda dan ditutup dengan nodul kecil (papila).
tirto.id - Beberapa dokter biasanya kerap menyuruh kita untuk menjulurkan lidah saat kita berkonsultasi soal kesehatan. Hal itu ternyata dilakukan karena kesehatan manusia bisa dilihat dari bentuk dan kondisi lidah.

Lidah yang sehat berwarna merah muda dan ditutup dengan nodul kecil (papila). Setiap terjadi perubahan dari penampilan lidah itu, bisa jadi kita mengalami penyakit tertentu.

Di dalam lidah juga ternyata bisa menjadi peta lokasi di mana kita bisa mengetahui beberapa penyakit atau masalah di organ inti tubuh.

Melansir Brightside berikut lokasi lidah yang bisa mengidentifikasi organ, antara lain:

-Jadi ujung lidah menunjukkan hati.

-Paru-paru berada di sisi sebelah ujung lidah.

-Bagian tengah lidah menunjuk ke perut dan pankreas.

-Di sepanjang tepi lidah adalah hati dan limpa.

-Lebih dekat ke bagian bawah lidah adalah usus.

-Di sisi lidah yang dekat usus ada ginjal.

Selain menunjukkan lokasi beberapa organ, lidah juga bisa menjadi penanda kondisi kesehatan.

Dilansir Health Essential, Daniel Allan, dokter keluarga, memberikan beberapa penjelasan mengenai bentuk lidah dan kondisi kesehatan yang sedang dialami.

1. Jika lidah memiliki lapisan putih atau bintik-bintik putih

Bentuk lidah yang berbintik putih bisa menjadi indikasi beberapa penyakit, seperti Oral thrush atau infeksi ragi yang berkembang di dalam mulut yang muncul sebagai bercak putih.

“Kondisi ini paling sering terlihat pada bayi dan orang tua, terutama pemakai gigitiruan, atau pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Penderita diabetes dan mereka yang menggunakan steroid inhalasi untuk penyakit asma atau paru-paru juga bisa mengalaminya. Hal ini juga terjadi setelah Anda minum antibiotik," kata Allan.

Selain itu kondisi kesehatan yang bisa dibaca dari lidah putih adalah leukoplakia atau suatu kondisi di mana sel-sel di mulut tumbuh berlebihan, yang mengarah ke bercak putih di lidah dan di dalam mulut. Leukoplakia dapat berkembang ketika lidah telah teriritasi. Ini sering terlihat pada orang yang menggunakan produk tembakau.

2. Jika lidahmu merah

Beberapa tanda atau kondisi kesehatan yang bisa diidentifikasi dari lidah merah adalah kekurangan vitamin, lidah geografi, scarlet fever dan penyakit kawasaki.

- Kekurangan vitamin yang dialami ini bisa berupa kekurangan asam folat dan vitamin B-12 yang dapat menyebabkan lidah tampak kemerahan.

- Lidah geografis adalah kondisi yang menyebabkan pola bintik kemerahan yang mirip peta berkembang di permukaan lidah.

Bercak ini dapat memiliki perbatasan putih di sekitarnya, dan lokasinya di lidah mungkin berubah seiring waktu. Namun, lidah geografis biasanya tidak berbahaya.

-Scarlet fever adalah infeksi yang menyebabkan lidah memiliki penampilan seperti strawberry (merah dan bergelombang).

-Penyakit kawasaki adalah suatu kondisi yang juga dapat menyebabkan lidah memiliki penampilan seperti stroberi. Itu terlihat pada anak-anak di bawah usia 5 dan disertai dengan demam tinggi.

3. Jika lidah hitam dan berbulu

Sama seperti rambut, papila di lidah akan terus tumbuh sepanjang hidup kita. Pada beberapa orang, mereka menjadi terlalu panjang, yang membuat mereka lebih mungkin untuk menampung bakteri.

"Ketika bakteri ini tumbuh, mereka mungkin terlihat gelap atau hitam, dan papila yang tumbuh berlebihan dapat tampak seperti rambut. Untungnya, kondisi ini tidak umum dan biasanya tidak serius. Ini kemungkinan besar terjadi pada orang yang tidak mempraktikkan kebersihan gigi yang baik,” kata Allan.

Ia mengatakan orang-orang dengan diabetes, mengkomsumsi antibiotik atau menerima kemoterapi juga dapat mengakibatkan lidah berbulu hitam.

4. Jika lidah terasa sakit atau bergelombang

Bentuk lidah ini akan ditumbuhi benjolan yang disebabkan oleh gigitan yang kita tidak sengaja atau memakan makanan yang sangat panas.

Selain itu merokok dan sariawan bisa menjadi penyebab. Jika benjolan atau luka pada lidah ini tak kunjung sembuh maka bisa jadi itu adalah gejala kanker mulut.


Baca juga artikel terkait LIDAH atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight