Mengenal Mandiri Cash Management untuk Pengawasan Bisnis Perusahaan

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 3 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Melalui MCM, nasabah dapat melakukan transaksi tunggal (single) maupun massal (bulk) serta melakukan monitoring transaksi.
tirto.id - Mengawasi tata kelola keuangan sebuah perusahaan merupakan tugas yang membutuhkan tenaga ekstra.

Apalagi jika korporasi yang Anda jalankan sudah mencapai traffic transaksi yang cukup ramai. Mengamati satu per satu transaksi dan membenarkan antara nominal yang masuk tentu merupakan hal yang sulit untuk dilakukan.

Bank Mandiri melalui layanan Mandiri Cash Management (MCM) merupakan layanan yang khusus diberikan untuk nasabahnya yang memiliki rekening bisnis supaya dapat mengontrol dan memonitoring semua aktivitas rekening, transaksi, dan reporting yang tepat sehingga pengelolaan A/R (Account Receivable) dan A/P (Account Payable) perusahaan nasabahnya menjadi optimal.

Mandiri Cash Management dikelompokkan dalam layanan yang terdiri atas:

1. Informasi Rekening

Layanan ini memberikan nasabah kemudahan dalam melakukan monitoringsecara komprehensif terhadap:

a. Informasi saldo rekening yang menyeluruh.

b. Mutasi rekening secara real-time dan ketersediaan informasi yang dapat diunduh baik dalam bentuk PDF, Excel, atau Word

c. Dapat melakukan transaksi baik giro atau tabungan, menggunakan IDR atau melalui mata uang lainnya.

d. Pencetakan rekening koran maupun statement elektronik standar bagi masing-masing rekening perusahaan yang telah didaftarkan.

2. Pengaturan Transfer

Layanan pengaturan transfer memberikan akses untuk melakukan aktivitas transfer keluar, seperti:

a. Pemindahbukuan antarrekening Bank Mandiri (Inhouse Transfer)

b. Transfer ke rekening bank domestik lainnya menggunakan IDR, yaitu transaksi LLG/SKN/RTGS.

c. Transfer ke bank lain di dalam negeri atau di luar negeri menggunakan valuta asing.

Proses transaksi ada beberapa pilihan, seperti:

a. Immediate

b. Standing Instruction (post dated)

c. Recurring Transaction

Ada juga kemudahan seperti Template/predefined beneficiary list untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi transfer tanpa harus meng-input ulang, dan transaksi tersebut bisa dilakukan secara single (single transaction) ataupun massal (mass transaction).

3. Pengaturan Tagihan

Layanan ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengoptimalkan pengelolaan piutang perusahaan, yaitu:

a. Akses pengaturan pembayaran tagihan (bill payment)

b. Layanan auto debet sebagai solusi penagihan piutang secara massal

4. Monitoring Transaksi

Memonitor aktivitas seluruh transaksi merupakan hal yang sangat penting bagi keuangan perusahaan, dan layanan ini memudahkan Anda untuk mengontrol dan melakukan pengawasan transaksi secara menyeluruh.

Selain itu, Mandiri Cash Management merupakan sistem yang menggunakan prinsip multi user dan dual control, baik dari sisi pengelolaam ID perusahaan maupun dalam aktivitas pelaksanaan operasional transaksi.

Pengguna pengelola ID (non financial)

1. Sysadmin1

Pengguna yang bertindak sebagai admin utama dengan akses penuh dalam pengaturan struktur pengguna, struktur account, akses menu, pengaturan limit serta skema prosedur persetujuan transaksi.

2. Sysadmin2

Pengguna yang bertindak sebagai admin dual control bagi sysadmin1, fungsinya melakukan persetujuan atas setiap perubahan pengaturan internal ID Mandiri Cash Management (MCM) yang dilakukan sysadmin1.


Pengguna transaksi

1. Maker

Pengguna bertindak sebagai penggagas suatu transaksi di sistem dengan memasukkan semua data dan informasi yang dibutuhkan dalam suatu transaksi.

2. Approver

Pengguna yang bertindak melakukan pemeriksaan dan persetujuan awal atas setiap transaksi yang digagas oleh maker.

3. Releaser

Pengguna yang bertindak melakukan pengiriman transaksi yang telah di approve ke dalam sistem.

Layanan Mandiri Cash Management hanya bisa digunakan apabila perusahaan nasabah telah terdaftar dalam form MCM dan terdaftar dalam nasabah giro Bank Mandiri.

Jika perusahaan nasabah telah terdaftar dalam MCM dan nasabah giro Bank Mandiri, nasabah dapat mengakses MCM di www.mcm.bankmandiri.co.id/corp.

Untuk masuk ke layar transaksi, masukkan ID perusahaan, user, dan kata sandi yang telah didapatkan dari admin perusahaan, dan kemudian klik login.

Jika nasabah memiliki keluhan baik teknis maupun non teknis terkait permasalahan dan penggunaan Mandiri Cash Management, Bank Mandiri membuka help desk di (021) 500150.




Baca juga artikel terkait BANK MANDIRI atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Bisnis)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight