Mengenal Judith Hill yang Tampil di Bali Beats of Paradise

Oleh: Adrian Samudro - 28 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal Judith Hill pemenang Grammy Awards yang tampil di film Livi Zheng berjudul Bali: Beats of Paradise.
tirto.id - Bali: Beats of Paradise, film dokumenter yang bercerita tentang kebudayaan gamelan dan musik Bali di kancah internasional. Di bawah arahan Livi Zheng, film yang mengangkat kisah Nyoman Wenten ini turut melibatkan seorang penyanyi pemenang Grammy Awards yakni Judith Hill.

Dalam film, penyanyi bernama lengkap Judith Glory Hill itu disebut melakukan kolaborasi dengan Wenten untuk menciptakan karya perpaduan musik gamelan dan funk.

Kolaborasi ini menghasilkan sebuah lagu "Queen of the Hill" yang juga dibuatkan video klipnya. Proses pengambilan gambarnya dilakukan di Joshue Tree Desert, California Selatan, dan disutradarai oleh Livi Zheng, sebagaimana ditulis The Wrap.

Judith Hill memulai kariernya dengan menjadi backing vocal untuk sejumlah penyanyi terkenal seperti Michael Jackson dan Stevie Wonder.

Selama awal tahun 2000-an, dia terus bekerja sebagai penyanyi latar untuk beberapa musikus lainnya seperti Anastacia, Robbie Williams, Evelyn "Champaghne" King, dan Rod Stewart.

Pada 2009, dia diberi kesempatan untuk berduet dengan mendiang Michael Jackson dalam lagu "I Just Can't Stop Loving You" selama tur konser This Is It sang Raja Pop. Selama beberapa tahun berikutnya, dia kembali menjalankan profesinya sebagai penyanyi latar.

Hingga pada tahun 2012, namanya kian diperhitungkan dalam dunia musik. Judith ditunjuk untuk mengisi soundtrack sebuah film yang disutradarai oleh Spike Lee, Red Hook Summer.


Judith semakin dikenal ketika ia mengikuti ajang kompetisi menyanyi The Voice musim keempat. Di tahun yang sama, ia mulai merambah ke dunia akting dalam film 20 Feet From Stardom.

Di bawah arahan sutradara Morgan Neville, film ini mengangkat kisah yang menyoroti cerita nyata para penyanyi latar dibalik sejumlah musikus legenda di abad ini.

Film itu telah berhasil memenangkan nominasi Film Dokumenter Terbaik dalam ajang Film Critics Awards dan Academy Award.

Selain itu, 20 Feet From Stardom juga memenangkan penghargaan Grammy Awards di tahun 2015 untuk nominasi Film Musik Terbaik.

Judith Hill telah mendapatkan banyak pujian untuk penampilan live-nya sebagai pembuka konser beberap penyanyi seperti Josh Groban, John Legend, dan Prince.

Pada 2015, ia telah merilis album bertajuk Back in Time, yang diproduseri dan dibantu oleh Prince, demikian ditulis All Music.

Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Yantina Debora
DarkLight