Mengenal Jenis dan Tipe Lensa Multi Kamera di Smartphone

Oleh: Febriansyah - 13 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Apa saja sih kegunaan dua atau tiga lensa di smartphone? Berikut ulasannya.
tirto.id - Teknologi gawai atau smartphone saat ini sudah dibekali dengan lensa depan dan belakangan, terutama pada ponsel jenis Android. Namun, ada juga yang menyatukan lensa-lensa ini ke dalam satu kamera tunggal seperti Pixel 3 buatan Google.

Permintaan konsumen yang makin menyukai kualitas kamera baik menuntut para produsen ponsel terus berinovasi. Namun terkadang para konsumen hanya sekadar melihat kualitas gambar hasil kameranya. Mereka lupa bertanya apa saja kegunaan dari tiga atau dua lensa yang ada pada kamera ponsel itu. Padahal, itu penting untuk menunjang hasil foto Anda.

Kombinasi tiga kamera misalnya, adalah kombinasi paling populer dan praktis yang ditemukan dalam smartphone hari ini. Dalam jejeran tiga kamera itu biasanya terdiri dari lensa sudut lebar, telefoto, dan ultrawide.

Dijelaskan The Smartphone Photographer, gambar dari hasil kamera ini akan mencakup area yang lebih luas dan Anda juga dapat memperbesar ke titik tertentu. Kombinasi lain adalan lensa telefoto, lensa ultrawide dan sensor monokrom. Namun kombinasi ini belum populer di pasaran.

Untuk itu Anda perlu tahu beberapa penjelasan mengenai nama, manfaat dan kegunaan dari lensa-lensa yang ada di ponsel Anda, berikut penjelasannya:

1. Wide angle lenses atau lensa sudut lebar

Sederhananya, lensa ini lebih cocok untuk pemandangan luas atau foto bersama teman-teman di dalam pertemuan. Kemampuan lensa ini sama dengan ketika Anda mundur beberapa langkah untuk mendapatkan atau memasukan lebih banyak objek ke dalam layar.

Dilansir Populer Science, pemakaian ini cocok untuk mereka yang suka street photography atau fotografi jalanan dan mereka yang suka jalan-jalan ke alam bebas. Beberapa ponsel yang memiliki lensa sudut lebar termasuk Samsung Galaxy S10 dan beberapa iPhone XS Max.

2. Lensa tele

Lensa telefoto hampir sama dengan lensa sudut lebar. Akan tetapi, lensa telefoto memiliki gambar yang lebih nyata dan jernih. Lensa ini memberikan kualitas zoom optik pada gambar sehingga lebih halus dan detail.

Lensa tele juga digunakan untuk membuat bokeh mewah atau efek fokus dalam mode potret. Dengan menggabungkan data dari beberapa lensa, ponsel Anda dapat memahami seberapa dekat objek, mengaburkan latar belakang dan membuat latar depan menjadi fokus.

Lensa telefoto terpasang pada kamera belakang pada iPhone XS Maxl. Selain di iPhone XS Max, lensa tele juga dapat Anda temukan pada Huawei P30 Pro.

3. Sensor monokrom

Beberapa kamera smartphone memiliki sensor yang didedikasikan untuk mengambil bidikan monokrom. Manfaat nyata dari foto hitam putih atau monokrom ini adalah ketajaman, itulah sebabnya beberapa fotografer lebih suka gambar tanpa warna di dalamnya.

Ponsel modern sudah didesain untuk memadukan ketajaman gambar melalui sensor warna untuk menghasilkan bidikan yang lebih akurat.

Meski begitu, penggunaan sensor monokrom masih jarang. Beberapa ponsel yang sudah menggunakannya adalah Huawei dan Honor tetapi ini belum ada di pasaran.

4. Sensor kedalaman

Sensor ini berguna dalam proses foto potret dan biasanya memunculkan bokeh. Sensor ini memiliki efek blur bergaya profesional baik melalui kamera depan atau belakang, karena kamera akan diarahkan mengambil gambar yang lebih tajam.

Dikutip Adroitpit lensa ini pada smartphone tidak secara akurat menangkap objek tiga dimensi, jadi Anda akan sering melihat foto dengan beberapa bagian buram. Efek buram ini juga tidak super akurat, karena mengaburkan latar belakang gambar secara merata.

Meski begitu, sensor kedalaman akan tetap muncul pada ponsel yang lebih terjangkau dan yang berupaya menciptakan efek kedalaman tanpa optik mahal, seperti perangkat Lenovo Moto G7.


Baca juga artikel terkait LENSA KAMERA atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight