Mengenal Hari Klub Wanita Internasional yang Jatuh pada 27 Maret

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 26 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Women's International Club (WIC) Day sudah berdiri sejak 1960-an.
tirto.id - Women's International Club (WIC) Day atau Hari Klub Wanita Internasional diperingati setiap tanggal 27 Maret, yang merupakan wadah untuk para wanita berkumpul.

Dilansir dari laman wic-jakarta.or.id, organisasi ini sudah berdiri sejak 1960-an dengan kurang lebih 380 anggota yang terdiri dari 25 kebangsaan. Beberapa kegiatan yang dilakukan saat awal kepengurusan antara lain penggalangan dana hingga mendirikan bazar saat Lebaran dan Natal pada tahun 1968.

Tidak hanya itu, mereka juga berpartisipasi dalam acara dari berbagai kedutaan besar termasuk Yugoslavia, Malaysia, Filipina, Amerika Serikat, Polandia, hingga Jepang, India, dan Thailand. Hingga pada tahun 1972, Women's International Club yang berpusat di Jakarta menghelat Bazar Internasional pertama untuk amal.

Dalam acara untuk amal tersebut, para anggota mengumpulkan sejumlah uang dari para kontributor internasional mereka. Hasil dari acara tersebut dialokasikan untuk kesejahteraan sosial, yang kemudian direspons positif oleh berbagai pihak.

Seiring bertambahnya waktu, Women's International Club menjadi lebih populer. Mereka melakukan berbagai perubahan dalam acara yang dilaksanakan, termasuk bazar untuk penggalangan dana tersebut. Dari clubhouse, mereka menyewa ballroom hotel dan pusat perbelanjaan.

Hasil penggalangan dana menjadi lebih besar, hingga para anggota membentuk sebuah Komite untuk pengelolaan hasil bazar tersebut secara sendiri. Hal ini dilakukan semata-mata untuk membantu berbagai lembaga di masyarakat saat melaksanakan berbagai acara yang mereka lakukan.

Organisasi ini terdiri dari setidaknya 500 anggota wanita di DKI Jakarta dan memiliki motto “Friendship through Understanding”. Kelima ratus anggota tersebut 60 persen merupakan WNI dan 40 persen merupakan para perempuan dari berbagai bangsa yang tinggal di DKI Jakarta.

Hingga kini, Women's Internasional Club hanya diinisiasi di Jakarta, di Gedung Nyi Ageng Serang lantai 4 Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C-22 Kuningan, Jakarta.

Mereka merupakan organisasi yang non-politik, sekular, nirlaba, dan hanya khusus untuk para perempuan, yang dilindungi oleh para tokoh perempuan nasional termasuk ibu Hj Ani Bambang Yudhoyono, ibu Herawati Budiono, dan ibu Iriana Joko Widodo, dilansir dari laman Universitas Malahayati Bandar Lampung.

Beberapa agenda yang telah dilangsungkan oleh Women's International Club antara lain adalah fun walk, Hari Kartini, perayaan Natal, Tahun Baru Cina, Lebaran, bazar, hingga Korean Cultural Morning 2019.

Sementara itu, WIC seharusnya menghelat perayaan hari jadi ke-10 pada 16 Maret 2020 lalu namun ditunda akibat pandemi Coronavirus atau COVID-19. Belum ada informasi lebih lanjut kapan acara tersebut akan dihelat dikemudian hari.


Baca juga artikel terkait WOMENS INTERNATIONAL CLUB atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight