Teknologi Informasi Komunikasi

Mengenal Hardware dan Software dalam Sistem Komputer

Oleh: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans - 9 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sistem komputer terdiri dari jaringan perangkat lunak atau sofware dan perangkat keras atau yang dikenal dengan nama hardware.
tirto.id - Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak atau software dan perangkat keras atau hardware yang keduanya memerankan tugas-tugas tertentu.

Komputer berasal dari bahasa latin “computare” yang berarti menghitung. Pada zaman dulu komputer digunakan sebagai mesin penghitung yang cepat.

Selain itu komputer juga dapat menginput data yang kemudian akan diproses sehingga dapat mengeluarkan output berupa informasi. Saat ini komputer dirancang untuk membantu memudahkan dalam mengerjakan tugas dan pekerjaan manusia.

Dalam sistem komputer, kedua komponen tersebut memiliki tugas misalnya, menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam struktur informasi.

Dalam pengoperasian, sistem dan fungsinya, komputer dibagi menjadi 2 bagian yaitu perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software. Berikut penjelasan terkait keduanya:

Hardware dan Komponennya


Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer merupakan komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba secara langsung. Perangkat ini membentuk suatu kesatuan agar dapat difungsikan. Pembagian perangkat keras komputer disini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

1. Perangkat input, yakni perangkat yang memiliki fungsi untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk selanjutnya diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Contoh perangkat input diantaranya: keyboard, mouse, scanner, joystick, digital camera, touch screen, webcam, microphone, graphics pads.

2. Perangkat proses, yakni perangkat yang berfungsi dalam mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses hingga mengeluarkan informasi (output) ke peralatan output. Contoh perangkat proses diantaranya: CPU, mainboard, processor, dan memory.

3. Perangkat output, yakni perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil dari proses pengolahan data. Hasil pengeluaran ini dapat berupa hardcopy seperti kertas yang diprint dan berisikan informasi maupun softcopy yang ditampilkan di layar monito atau dapat juga berupa suara. Contoh perangkat output diantaranya: monitor, printer, plotter, speaker, dan LCD proyektor.


Software dan Komponennya



Software atau perangkat lunak merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Adanya program software berfungsi untuk menjalankan sistem komputer.

Software dalam sistem komputer berisi sekumpulan instruksi yang dibuat dengan menggunakan bahasa khusus. Program ini memberi perintah kepada komputer untuk melakukan berbagai pengoperasian/pemrosesan terhadap data yang terdapat dalam program tersebut atau data yang dimasukkan oleh pengguna komputer.

Software dalam sistem komputer dibedakan menjadi 4, yaitu:

    • Software sistem operasi/operating system
    • Software bahasa pemrograman/languange software
    • Software alat bantu/utility software
    • Software application package/program aplikasi


Baca juga artikel terkait SISTEM KOMPUTER atau tulisan menarik lainnya Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Penulis: Ai'dah Husnala Luthfiyyah Ans
Editor: Yantina Debora
DarkLight