Reshuffle Kabinet 2022

Mengenal Hadi Tjahjanto: Mantan Panglima TNI Jadi Menteri ATR/BPN

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 15 Jun 2022 13:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mantan Panglima TNI Marsekal Purnawirawan Hadi Tjahjanto resmi menjadi Menteri Agraria Tata Ruang dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).
tirto.id - Mantan Panglima TNI Marsekal Purnawirawan Hadi Tjahjanto resmi menjadi Menteri Agraria Tata Ruang dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Dia dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022).

Hadi masuk jajaran kabinet menggantikan Sofyan Djalil. Nantinya, dia akan fokus dengan berbagai permasalahan mengenai pertanahan di dalam negeri.

Beberapa permasalahan sampai saat ini belum selesai yaitu skema sertifikat tanah masyarakat hingga bank tanah yang saat ini diisukan menjadi kendala utama progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Karier Hadi Tjahjanto di militer terbilang moncer. Posisi terakhir yang dijabat Hadi Tjahjanto adalah Panglima TNI selama lima tahun.

Hadi merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara pada 1986. Menyelesaikan Sekolah Penerbangan TNI AU pada 1987. Sebelum menjadi Panglima TNI, pada 2010-2011 Hadi Tjahjanto pernah menjabat Komandan Lanud Adi Soemarmo, Solo. Saat itu, Joko Widodo menjabat sebagai Wali Kota Solo dari 2008-2012.

Kemudian pada 2013, ditugaskan menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI AU. Sebelum itu di 2011 Hadi Tjahjanto menjabat sebagai Direktur Operasi dan Latihan Basarnas.

Karier Hadi mulai meroket pada 2015. Saat itu dia masih menjabat sebagai Komandan Lapangan Udara Abdulrachman Saleh Malang. Belum satu tahun menjabat sebagai Komandan Landasan Abdulrachman Saleh, Hadi dipercaya sebagai Sekretaris Militer Presiden.

Hadi Tjahjanto pada 2017 menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Di saat yang sama, Hadi Tjahjanto juga dipromosikan menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan.

Karier Hadi kian melesat menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Setelah itu pada 17 November 2021 Hadi purna tugas dan digantikan Jenderal Andika Perkasa.



Baca juga artikel terkait RESHUFFLE KABINET 2022 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight