Mengenal GrabWheels Layanan Kendaraan yang Ramah Lingkungan

Oleh: Adilan Bill Azmy - 13 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
GrabWheels merupakan layanan sewa kendaraan skuter elektrik (e-Scooter) sejenis otoped untuk memperluas jenis kendaraan yang dapat digunakan masyarakat.
tirto.id - Grab kembali memperluas layanannya bagi pelanggan. Moda transportasi daring asal Singapura ini kini membuka layanan GrabWheels, layanan sewa e-Scooter yang ramah lingkungan.

Layanan ini diluncurkan sebagai solusi inovatif sekaligus memperluas jenis kendaraan yang dapat digunakan masyarakat.

Selama ini, Grab dikenal masyarakat menyediakan kendaraan motor dan mobil yang bisa dipesan dan disewa untuk memudahkan transportasi masyarakat.

Kini, Grab meluncurkan layanan GrabWheels, layanan sewa kendaraan skuter elektrik (e-Scooter) ini sejenis otoped untuk memperluas jenis kendaraan yang dapat digunakan masyarakat.

GrabWheels pertama kali diluncurkan pada Mei 2019 lalu di BSD City Tangerang. Grab melalui kerjasama dengan Sinar Mas Land meresmikan proyek ini di kawasan Digital Hub BSD City.

Setelah sukses di area ini, Grab kembali memperluas layanan GrabWheels di berbagai daerah di Jabodetabek.

Grab terus memperluas layanan GrabWheels di kota lain di Indonesia. Terbaru, Grab meresmikan layanan GrabWheels di kampus Ganesha ITB pada 1 Oktober lalu.

Sayangnya, Bandung merupakan satu-satunya kota selain Jabodetabek yang mendukung layanan ini.

Pengguna yang berada di kota lain harus bersabar terlebih dahulu untuk dapat menggunakan layanan ini. Grab akan memperluas layanan GrabWheels secara bertahap di kota-kota lain di Indonesia.

Untuk menggunakan GrabWheels, masyarakat harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Grab di Playstore bagi pengguna Android atau di AppStore bagi pengguna iOS.

Bagi Anda yang sudah memiliki aplikasi Grab, Anda bisa masuk ke layar utama Grab, pilih menu e-Scooter.

Anda dapat menemukan lokasi stasiun e-Scooter yang tersedia di sekitar Anda. Penjaga stasiun kemudian akan mendaftarkan salah satu skuter yang tersedia untuk pengguna.

Langkah selanjutnya, pengguna harus melakukan pemindaian bar-code sebelum dapat mengoperasikan e-Scooter.

Bar-code ini terletak pada bagian tengah kemudi skuter. Klik scan dan pindai code tersebut, lalu skuter pun bisa digunakan.

Akan tetapi, pengguna perlu untuk mengecek baterai skuter, rem, dan lampu depan demi keselamatan pengguna.

Grab juga mewajibkan pengguna GrabWheels untuk mengenakan helm dan rompi yang disediakan sebagai fitur keselamatan tambahan.

Pada acara peresmian layanan GrabWheels di ITB, Grab menekankan bahwa keamanan dan keselamatan merupakan prioritas bagi pengguna GrabWheels.

Pengguna GrabWheels akan mendapat tips berkendara yang aman pada aplikasi Grab dan e-Scooter.


Baca juga artikel terkait GRABWHEELS atau tulisan menarik lainnya Adilan Bill Azmy
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adilan Bill Azmy
Penulis: Adilan Bill Azmy
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight