Mengenal Golden Age pada Anak dan Tahapan yang Perlu Diperhatikan

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 24 Oktober 2019
Dibaca Normal 2 menit
Golden age di masa tumbuh kembang anak dan hal-hal yang perlu diperhatikan orang tua.
tirto.id - Golden age pada anak merupakan tahapan perkembangan dan pertumbuhan emas yang terjadi di masa-masa awal kehidupannya terlahir di dunia.

Menurut studi yang dipublikasikan California Department of Education (CDE), saat anak tumbuh, orangtua kemungkinan akan mencari petunjuk tentang apa saja yang akan dilakukan anak pertama kalinya.

Setiap anak tentu memiliki kepribadian dan tingkah laku yang berbeda-beda, sama seperti orang dewasa, anak-anak mungkin memiliki sifat pemalu, periang, atau bahkan pemarah, karenanya sangat penting untuk memelihara pertumbuhan emosionalnya secara sehat.

Dengan memahami kepribadian anak, orangtua dapat membantunya untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, serta memberikan perawatan yang sesuai.

Seorang anak juga bisa terpesona dengan tangan, kaki, dan mulutnya. Di setiap tahap tumbuh kembangnya, yang dibutuhkan adalah cinta, pengertian, dan waktu dari orangtua.

Awal Tumbuh Kembang


Sebuah penelitian otak terbaru menunjukkan, dari usia kelahiran hingga tiga tahun adalah tahun paling penting dalam perkembangan anak. Beberapa cara berikut bisa dipertimbangkan saat awal tumbuh kembang anak.

  • Bersikap hangat, penuh kasih, dan responsif.
  • Bicara, baca, dan menyanyi untuk anak.
  • Membuat rutinitas harian.
  • Mengawasi permainan yang aman untuk anak.
  • Selektif memilih tontonan TV untuk anak.
  • Disiplin mengajarkan anak.
  • Ketahuilah bahwa setiap anak itu unik.
  • Pilih penitipan anak yang berkualitas dan tetap terlibat di dalamnya.

Peran orang tua sangatlah penting di masa golden age ini. Berikut ini tahapan yang perlu diperhatikan seperti dikutip dari laman resmi Telkom.

1. Perhatikan Perkembangan Motorik Halus

Motorik halus pada anak meliputi keluwesan jari jemari anak pada saat melakukan aktifitas halus, seperti melatih mengancingkan baju, mewarnai, menulis atau corat coret di kertas menggunakan pensil, menalikan tali sepatu, meronce, melipat kertas, menggunting, dan mewarnai.

Motorik halus ini bermanfaat untuk kemampuan menulis anak, kreatifitas dan keterampilan tangan anak.

2. Perhatikan Perkembangan Motorik Kasar

Melatih motorik kasar pada masa golden age juga sangatlah penting. Beberapa yang bisa dilakukan dengan cara melatih keterampilan memanjat, berlari, berenang, melompat, dan kegiatan olahraga lainnya.

Melatih otot kasar sangat penting untuk usia golden age agar anak bisa mengendalikan otot-otot besar.


3. Perhatikan Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif adalah perkembangan anak mengolah, mengategorikan maupun mengklasifikasi sesuatu yang terlihat oleh panca inderanya. Dalam melatih perkembangan kognitif ini, peran orangtua dan sekitar sangatlah diperlukan.

Seringlah mengajak anak mendatangi suatu tempat baru, tempat hiburan, kebun binatang, pegunungan dan lain sebagainya kemudian minta anak untuk menceritakan pengalaman apa yang dia dapatkan dan apa saja yang dia lihat disana.

Perkembangan kognitif ini sangat penting untuk masa depan anak yang bertujuan agar anak bisa berfikir logis, berbahasa baik, berperilaku menyenangkan dan mencintai alam.

4. Mengenali Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Terkadang, anak mengalami gangguan tumbuh kembang pada masa golden age. Kenali dan lakukan perbaikan secepatnya dengan berkonsultasi kepada psikologi atau dokter anak.

Gangguan tumbuh kembang di antaranya gangguan interaksi sosial, gangguan bicara, gangguan motorik halus misalnya susah memegang gunting, gangguan motorik kasar seperti tidak mampu berlari, dan gangguan kognitif seperti tidak bisa mengenali warna pada usia TK.

Sebaiknya orang tua waspada karena sangat berpengaruh untuk perkembangan anak di masa depannya. Selalu konsultasikan perkembangan anak kepada psikolog ataupun dokter anak.

5. Mengenali Potensi Anak

Dukung anak mengembangkan potensi yang dimilikinya. Amati 8 potensi anak di bawah ini.

  1. Linguistik : pintar berbahasa, menulis dan berkomunikasi
  2. Musical : sangat tertarik dengan musik
  3. Logical : sedang dengan permainan angka dan berhitung
  4. Body kinestetik : senang dengan aktifitas olah raga dan fisik
  5. Visual spasial : berfikir sistematis
  6. Interpersonal : memahami orang lain dan bisa berbagi dengan sekitar
  7. Natural : mencintai alam dan mudah bergaul
  8. Moral : pandai mengatur emosi

6. Mendukung Potensi Anak

Dukung selalu potensi anak di usia golden age. Orang tua yang perhatian dan memahami pentingnya masa golden age anak harus memiliki pemahaman akan potensi anak agar potensi anak terarahkan dengan benar.

Misalnya jika anak sangat menyukai dan berminat dengan musik, dukung ia untuk les musik, atau anak terlihat menonjol di bidang linguistik maka dukung anak untuk selalu berani berbicara di depan orang banyak.

Jangan hancurkan potensinya dengan banyak melarang dan menakut-nakuti anak.


Baca juga artikel terkait ANAK-ANAK atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight