Mengenal Geekbench: Fungsi dan Manfaat hingga Penjelasan Teknisnya

Oleh: Adrian Samudro - 12 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Secara teknis, Geekbench 5 hadir untuk mengikuti perkembangan teknologi yakni mengukur kinerja di ranah baru seperti Augmented Reality dan Machine Learning.
tirto.id - Geekbench adalah salah satu aplikasi benchmark yang digunakan untuk mengukur kinerja prosesor di berbagai platform seperti macOS, Windows, Linux, Android, dan iOS.

Dikembangkan dan dikelola oleh perusahaan perangkat lunak berbasis di Kanada, Primate Labs, aplikasi ini telah memiliki beberapa versi dengan yang terbaru yakni Geekbench 5.

Geekbench 5 merupakan pembaruan benchmark lintas platform dari versi sebelumnya, Geekbench 4, yang berikan kemudahan mengukur kinerja sistem hanya dengan menekan tombol pada aplikasi tersebut.

Secara teknis Geekbench 5 hadir untuk mengikuti perkembangan teknologi yakni mengukur kinerja di ranah baru seperti Augmented Reality dan Machine Learning, sehingga dapat bermanfaat di masa depan.

Dalam pengukurannya, versi terbaru ini juga menghasilkan skor yang dibedakan berdasarkan kinerja single-core dan multi-core pada tiap perangkat.

Hasil pengukuran ini didapat dari beberapa skenario pengujian yang relevan dengan penggunaan sehari-hari, sehingga lebih mencerminkan kemampuan di dunia nyata.

Multi-core sendiri berarti kinerja perangkat diuji melalui serangkaian tes atau multi thread yang menekankan semua core bekerja secara bersamaan ketika membuka sejumlah aplikasi. Semakin cepat CPU menyelesaikan tes, semakin tinggi skor yang dihasilkan.


Sementara single-core dilakukan hanya dengan menjalankan satu aliran instruksi. Atau dengan kata lain, pengujian ini hanya menitikberatkan pada satu core saja yang bekerja.

Selain skenario test CPU, Geekbench 5 juga memiliki fitur skenario test untuk GPU yang dihadirkan pertama kali pada versi 4. Fitur ini memungkinkan untuk mengetahui seberapa tinggi performa komputasi dari sebuah GPU.

Skenario GPU dapat digunakan untuk pengujian perangkat ketika bermain game, pemrosesan gambar, atau pengeditan video yang juga didukung dengan OpenCL, CUDA, Metal APIs.

Hasil atau skor dari serangkaian pengujian ini dapat diunggah dan dibagikan ke Geekbench Browser oleh siapa pun yang melakukannya untuk berbagi informasi tentang performa suatu perangkat.

Melalui Geekbench Browser juga Anda dapat mencari tahu hasil pengujian dari sejumlah perangkat lain atau membandingkan setiap perangkat untuk menentukan pilihan. Pastikan Anda sudah membuat akun dan terdaftar agar dapat mencoba fitur tersebut.



Baca juga artikel terkait PERANGKAT KOMPUTER atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight