Mengenal Fitur Baru Quiet Mode Facebook Beserta Fungsinya

Oleh: Ahmad Efendi - 14 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Fitur Quite Mode memungkinkan pengguna meminimalkan gangguan dengan mematikan push notification aplikasi.
tirto.id - Facebook secara resmi meluncurkan fitur baru mereka bernama “Quiet Mode” untuk aplikasi mobile, pada Jumat (10/4/2020) lalu. Sebagaimana dilansir The Verge, fitur ini memungkinkan pengguna meminimalkan gangguan dengan mematikan push notification aplikasi dalam jangka waktu yang telah diatur.

Perusahaan mengumumkan, bahwa fitur ini sebagai bagian dari pembaruan pada Covid Newsroom post. Artinya, ini menjadi cara bagi pengguna untuk mengatur batas-batas tentang bagaimana mereka menghabiskan waktu di Facebook, yang mampu menyesuaikan diri dengan rutinitas baru: belajar dan bekerja di rumah, selama pandemi virus corona (COVID-19).

Menurut Facebook, sebagaimana dilansir dari TechCrunch, pengguna dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Quiet Mode sesuai kebutuhan mereka. Yang berarti, pengguna dapat menjadwalkannya agar berjalan secara otomatis sesuai waktu yang sudah mereka atur sebelumnya.

Misalnya, jika Anda bekerja di rumah mulai pukul sembilan pagi hingga lima sore. Anda dapat menjadwalkan Quiet Mode pada jam kerja tersebut, demi mengantisipasi godaan untuk berselancar di media sosial itu. Selama jadwal ini, tidak akan ada pemberitahuan (push notification) yang Anda terima.

Jika Anda mencoba untuk mengakses Facebook selama jadwal Quiet Mode, maka aplikasi akan mengingatkan bahwa Anda sebelumnya telah mengatur waktu, demi membatasi Anda untuk mengaksesnya.

Selain itu, Facebook juga menjelaskan bahwa pengguna dapat melihat data tentang waktu yang telah dihabiskan di platform tersebut.


Pengguna dapat menelusuri grafik untuk menunjukkan waktu yang telah dihabiskan setiap harinya; perbandingan penggunaan siang dan malam; serta grafik lain yang menunjukkan berapa kali Anda mengunjungi Facebook setiap harinya.

Buat Anda yang ingin mengaktifkan Quiet Mode, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Ketuk bagian menu “tiga garis” pada layar utama;
  • Cari dan pilih “Your Time On Facebook”;
  • Kemudian atur “Quiet Mode” Anda.

Sebenarnya, Facebook memperkenalkan grafik “Your Time on Facebook” pertama kali pada tahun 2018. Namun, akhirnya mereka mengubahnya dengan penampilan yang lebih sesuai tahun ini.

Facebook juga telah menambahkan lebih banyak analisis, termasuk tren baru dari minggu ke minggu, waktu yang dihabiskan setiap harinya, hingga grafik yang menampilkan jumlah kunjungan.

Selain itu, bagian ini juga akan menyertakan opsi untuk mengaktifkan laporan mingguan yang akan memberi tahu pengguna bagaimana mengatur waktu mereka. Bahkan, fitur ini juga menautkan berbagai interaksi pengguna ke log aktivitas mereka, termasuk reaksi, komentar, dan postingan.

Serta, juga akan menghubungkan pengguna ke fitur lain yang sebelumnya terkubur di pengaturan, termasuk preferensi umpan berita (news feed) dan Notification Setting.


Baca juga artikel terkait FACEBOOK atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight