Mengenal Cortana, Asisten Virtual yang Akan Disetop Microsoft

Oleh: Zulfa Nur Widowati - 5 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Microsoft berencana mengakhiri dukungan terhadap asisten virtual Cortana di perangkat Android dan iOS pada tahun 2021.
tirto.id - Microsoft akan mengakhiri dukungan terhadap asisten virtual Cortana di perangkat Android dan iOS. Cortana akan fokus pada Windows 10 dan di produk Microsoft 365.

Dukungan Cortana juga akan berakhir pada speaker Herman kardon Invoke dan dihapus fungsionalitasnya dari Surface Headphone generasi pertama.

Dilansir The Verge, dukungan terhadap Cortana disetop Microsoft diduga lantaran asisten virtual berbasis kecerdasan buatan (AI) ini kalah bersaing dengan kompetitor.

Di jagat IoT yang cakupannya termasuk asisten virtual, Cortana berebut pasar dengan Google Assistant, Alexa, atau Siri. Di kancah mobile, bahkan tiap manufaktur pun punya asisten virtual sendiri.

Microsoft berencana mengakhiri dukungan terhadap asisten virtual Cortana di perangkat Android dan iOS pada tahun 2021 mendatang.

Di sisi lain, Microsoft menawarkan kompensasi berupa kartu hadiah terhadap pemilik Harman Kardon Invoke dan Surface Headphone yang terdampak keputusan tersebut.

Bagi pengguna speaker pintar Harman Kardon Invoke, Microsoft menawarkan kartu hadiah sebesar 50 dolar AS, dan 25 dolar AS untuk pemilik Surface Headphone.

Mengenal Cortana

Cortana adalah asisten virtual pribadi ciptaan Microsoft yang hadir di perangkat bergerak baik itu iOS dan Andorid, termasuk di perangkat komputer dan ekosistem IoT.

Cortana dapat melakukan berbagai pekerjaan pada perangkat melalui perintah suara. Cortana dirancang dengan teknologi AI yang berusaha meniru kecerdasan dan perilaku manusia.

Dilansir situs web Microsoft, Cortana punya ragam fungsi di antaranya mengatur pengingat jadwal pada kalender, mengadakan rapat online, mengatur alarm dan pengingat kegiatan, menemukan fakta, definisi, dan info.

Tak hanya itu, Cortana dapat memutar musik dan radio, membacakan email masuk, membuat notes, hingga menebak judul film atau lagu.

Akan tetapi, Cortona hanya tersedia di negara atau wilayah tertentu lantaran terkendala soal bahasa dan beberapa fitur Cortana mungkin tidak tersedia sepenuhnya.

Cortana dapat ditemukan di Australia, Kanada, India, Inggris Raya, dan Amerika Serikat dengan perintah suara dalam bahasa Inggris. Cortana juga dijumpai di Brasil (bahasa Portugis), Cina, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, serta Meksiko dan Spanyol (bahasa Spanyol).

Selain Cortana, asisten virtual berbasis AI yang dapat mengerjakan 'segala hal' melalui perintah suara macam Assistant dari Google, Alexa dari Amazon, dan Siri dari Apple.


Baca juga artikel terkait ASISTEN VIRTUAL atau tulisan menarik lainnya Zulfa Nur Widowati
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Zulfa Nur Widowati
Penulis: Zulfa Nur Widowati
Editor: Ibnu Azis
DarkLight