Mengenal Bidang dan Warna Tanda Kecakapan Khusus-TKK Pramuka

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 10 Nov 2022 10:33 WIB
Dibaca Normal 1 menit
TKK Pramuka memiliki 5 bidang dan punya berbagai ciri khas untuk masing-masing bidang dan golongan. Berikut selengkapnya.
tirto.id - Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Pramuka memiliki 5 bidang dan punya berbagai ciri khas untuk masing-masing bidang dan golongan.

Setiap anggota pramuka wajib menguasai beragam jenis kecakapan sesuai golongannya. Kecakapan-kecakapan tersebut terangkum dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU).

SKU adalah syarat kecakapan yang harus dimiliki anggota pramuka untuk prasyarat memperoleh Tanda Kecakapan Khusus (TKK).


SKU dan TKU berkaitan erat. TKU baru bisa diperoleh anggota pramuka jika berhasil menyelesaikan SKU yang diujikan padanya. SKU tersebut memiliki tiga fungsi yaitu:

1. Persyaratan anggota pramuka untuk menjadi anggota pada satuan/Gugus Depan

2. Stimulan dan dorongan agar dapat memperoleh kecakapan

3. Proses atau upaya mencapai kemajuan



Pembagian SKU

SKU dibagi berdasarkan golongan usia anggota pramuka yang meliputi golongan siaga, golongan penggalang, golongan penegak dan golongan pandega. Sebagian golongan tersebut dibagi kembali ke beberapa tingkatan.

Pramuka siaga dibagi menjadi tingkat siaga mula.tingkat siaga bantu, dan tingkat siaga tata. Golongan penggalang terdiri atas tingkat penggalang ramu, tingkat penggalang rakit, dan tingkat penggalang terap.


Selanjutnya, golongan penegak terbagi atas tingkat penegak bantara. dan tingkat penegak laksana. Terakhir, golongan pandega yang hanya memiliki satu tingkat yakni penegak laksana.

Mengutip laman Pramuka Klaten, SKU memiliki tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan tingkatan dalam golongan pramuka. Setiap anggota pramuka menjalani ujian-ujian secara perseorangan sesuai petunjuk dalam SKU. Jika dirinya berhasil akan diberikan TKU sebagai bukti kelulusan.



Bidang dan warna TKK Pramuka

TKK dalam pramuka dapat dibagi ke dalam 5 bidang. Setiap bidang memiliki kekhasan pada pilihan warna dasar yang digunakan. Berikut bidang-bidang TKK:

1. Bidang Agama, Mental, Moral, Spiritual, Pembentukan Pribadi dan Watak. Warna dasar TKK adalah kuning.

2. Bidang Patriotisme dan Seni Budaya. Warna dasar TKK adalah merah.

3. Bidang Keterampilan dan Teknik Pembangunan. Warna dasar TKK yaitu hijau.

4. Bidang Ketangkasan dan Kesehatan. Warna dasar TKK yakni putih.

5. Bidang sosial, Perikemanusiaan, Gotong royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup. Warna dasar TKK adalah biru.

Kekhasan TKK tidak hanya dari warna dasar pada bidangnya saja. TKK di setiap golongan juga mempunyai cirinya sendiri. Berikut ciri TKK di setiap golongan pramuka:

a. Pramuka siaga. TKK hanya punya satu tingkat berbentuk segitiga dengan puncak di bawah. Pajang sisinya 3cm dan tinggi 2cm.

b. Pramuka penggalang, penegak, dan pandega. Pada ketiga golongan pramuka tersebut, TKK dibagi menjadi 3 tingkatan yakni:

    • Tingkat Purwa. TKK berbentuk lingkaran bergaris tengah 2,5 cm dengan bingkai 2 mm.
    • Tingkat Madya. TKK berbentuk bujur sangkar dengan panjang sisi 2,5 cm, dikelilingi bingkai 2 mm.
    • Tingkat Utama. TKK berbentuk segi lima beraturan. Ukuran sisi masing-masing 2 cm dan berbingkai 2 mm.
TKK Penggalang, Penegak dan Pandega memiliki perbedaan pada warna bingkainya. Warna bingkai TKK Penggalang adalah merah, lalu untuk TKK Penegak dan Pandega yaitu kuning.


Baca juga artikel terkait PRAMUKA atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight