Mengenal Aplikasi Google Messages dan Fitur Terbarunya

Oleh: Hana Afifah Nuraini - 10 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Fitur baru untuk aplikasi Google Messages yang bisa diunduh dari Google Play Store.
tirto.id - Google telah memperbarui aplikasi perpesanannya, Google Messages dengan menambah fitur baru. Fitur baru tersebut memungkinkan penggunanya untuk mencari pesan lebih cepat melalui kategorisasi pesan.

Dikutip dari Antara, kategorisasi pesan yang tersedia dalam Google Messages adalah Semua, Personal, Transaksi, OTP, Penawaran dan Banyak Lagi. Jika telah memperbarui aplikasi, bilah-bilah kategori ini muncul di atas daftar pesan.

Pengkategorian ini didasarkan oleh isi pesan dan dapat diaktifkan melalui sakelar dalam pengaturan. Fitur ini juga bisa dinonaktifkan dengan sakelar yang sama.

Untuk pengguna yang ingin membuat kategori baru, pengguna bisa membagikan pesan dengan Google. Pengkategorian pesan di masa mendatang akan sesuai dengan keinginan pengguna.

Sebelumnya, Google telah menambahkan fitur-fitur lain ke dalam Google Messages. Fitur-fitur itu adalah perluasan dukungan RCS dan penghapusan pesan OTP setelah 24 jam.

Dilaporkan oleh Android Police, RCS (Rich Communication Service) adalah pengganti SMS/MMS generasi baru. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan dan media melalui gawai yang kompatibel dengan RCS melalui koneksi data, termasuk Wi-Fi.

Layanan ini sama seperti aplikasi pesan instan lainnya, yaitu memiliki fitur tanda terima bila pesan sudah dibaca, indikator pengetikan, dan fitur-fitur lain yang mendukung kegiatan berbalas pesan. Google juga memperluas jumlah karakter dalam pesan, yang sebelumnya hanya 160 karakter menjadi 8.000 karakter. Per Oktober 2020, layanan RCS ini telah tersebar di 33 negara, termasuk Indonesia.

Fitur kedua yang ditambahkan ke dalam Google Messages adalah penghapusan OTP. OTP atau One-Time Password adalah kata sandi yang dikirim ke ponsel ketika pengguna melakukan transaksi online atau masuk ke dalam akun.

OTP biasanya hanya berlaku selama beberapa menit, dan setelahnya tidak dapat digunakan kembali. Google Messages memiliki fitur yang akan menghapus pesan-pesan berisi OTP. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna karena tidak perlu menghapus pesan satu demi satu.

Sebelum dihapus, aplikasi ini akan menawarkan kepada pengguna untuk menghapus pesan OTP secara otomatis atau membiarkan pesan tersebut. Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini dengan menggeser sakelar dalam pengaturan. Sakelar untuk mengaktifkan fitur penghapus pesan ini berada di atas sakelar kategorisasi pesan.

Fitur-fitur yang telah ditambahkan oleh Google ke dalam Google Messages patut untuk dicoba. Namun sayangnya, pembaruan-pembaruan ini masih dilakukan dari sisi server.

Google Messages tersedia untuk ponsel dan laptop. Pengguna bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store.



Baca juga artikel terkait GOOGLE MESSAGES atau tulisan menarik lainnya Hana Afifah Nuraini
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Hana Afifah Nuraini
Penulis: Hana Afifah Nuraini
Editor: Yantina Debora
DarkLight