Mengenal Aplikasi Alquran Online Aminin dan Fiturnya

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 19 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Aplikasi Alquran online Aminin: mengenal fitur-fitur dan tujuan Alquran online Aminin.
tirto.id - Pada zaman yang sudah canggih seperti sekarang, masyarakat tidak perlu lagi repot-repot untuk membawa berbagai barang untuk menunjang kebutuhannya termasuk Alquran. Membaca Alquran juga bisa dilakukan melalui ponsel, salah satunya lewat aplikasi Aminin.

Tidak hanya digunakan untuk membaca Alquran, aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan umat muslim dalam menjalankan kehidupan beragamanya sehari-hari.

Seperti dilansir dari situs resmi Aminin, aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk membantu umat muslim memahami lebih dalam tentang Islam dan indahnya berbagi dengan sesama manusia.

Aminin memiliki fitur baca Alquran dan maknanya sehingga para pengguna diharapkan dapat memahami Islam yang sebenarnya.

Lebih lanjut, para pengguna juga dapat mendiskusikan hal-hal yang belum dipahami dengan Ustadz ataupun Ustadzah yang terkoneksi melalui aplikasi ini. Terdapat sembilan Ustadz dan Ustadzah yang dapat dihubungi melalui Aminin.

Sebagaimana dituliskan di dalam keterangan Aminin, keseluruhan Ustadz/ Ustadzah tersebut telah terbukti berpengalaman hingga belasan tahun sehingga valid untuk mendapatkan pemahaman daripadanya.

Sementara itu, ada pula fitur lain yang terdapat di dalam aplikasi baca Alquran tersebut yaitu LatihQuran. Melalui LatihQuran, para pengguna dapat belajar membaca Alquran dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Saat ini, aplikasi tersebut sedang mengembangkan fitur AminTivi yang dapat diakses sebagai sarana hiburan sambil belajar tentang agama Islam melalui video.

Fitur-fitur lain yang terdapat di dalam aplikasi Aminin antara lain adalah sebagai berikut:
  • Jam sholat 5 waktu yang tepat sesuai dengan lokasi kamu
  • Arah kiblat yang akurat
  • Kalender Islam
  • Renungan harian sesuai dengan kategori yang diinginkan
  • Suara adzan berkumandang sesuai dengan jam sholat 5 waktu
  • Pengingat imsak selama Ramadan
  • Alquran yang modern dan sesuai dengan Alquran Pojok lengkap dengan audio murotal

Lantas, bagaimana cara mengaksesnya?

Aplikasi Aminin dapat diakses dengan mengunduhnya terlebih dahulu. Aminin dapat diunduh melalui Google Play Store pada perangkat Android, dan melalui Apple Store pada perangkat iOS.

Setelahnya, maka dapat membuka, membaca, atau mengkaji makna Islam melalui aplikasi Aminin setiap waktu.

Di Google Play Store, Aminin telah mendapat 4,9 bintang dari para penggunanya. Hal ini mencerminkan kepuasan para pengguna dalam menggunakan aplikasi belajar baca Alquran tersebut.

Selain Aminin, terdapat aplikasi baca Alquran lain yang juga dapat dipilih seperti Cepat Quran, Belajar Mengaji Alquran, dan Alquran Indonesia.

Aplikasi Belajar Mengaji Alquran misalnya, telah mendapatkan rating dari para penggunanya sebanyak 4,6 bintang di Play Store.

Aplikasi ini merupakan aplikasi belajar mengaji Alquran yang didesain secara khusus untuk semua kalangan masyarakat.

Selain itu, aplikasi ini telah dibuat untuk memudahkan membaca Alquran dan telah disusun secara runtut dari mulai level yang mudah hingga rumit.

Sementara itu, aplikasi Cepat Quran dan Alquran Indonesia memiliki rating dari para pengguna masing-masing sebesar 4,8 bintang.



Baca juga artikel terkait APLIKASI AMININ atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight