Mengenal Apa Saja Obat Ketombe Alami: Ada Lidah Buaya & Omega-3

Kontributor: Tifa Fauziah, tirto.id - 4 Okt 2022 08:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Selain menggunakan produk perawatan rambut, ketombe juga bisa diatasi dengan obat alami termasuk lidah buaya hingga minyak kelapa.
tirto.id - Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering dialami banyak orang. Kondisi ini dapat menciptakan rasa tidak nyaman di kepala, gatal-gatal, dan kurang percaya diri.

Kabar baiknya, ketombe bisa diatasi dengan beberapa cara, mulai dari penggunaan produk perawatan rambut hingga memanfaatkan obat ketombe alami. Ada banyak bahan alami yang
bisa dijadikan alternatif untuk mengobati ketombe, seperti lidah buaya hingga minyak kelapa.

Obat ketombe alami sering dipilih orang-orang yang memiliki alergi terhadap obat-obatan kimiawi. Meskipun efeknya berbeda-beda pada setiap orang, namun obat alami bisa dicoba untuk mengatasi ketombe yang tidak kunjung sembuh.

Penyebab Ketombe di Kulit Kepala


Ketombe bisa muncul di kulit kepala karena beberapa faktor. Menurut Mayo Clinic ada beberapa hal penyebab munculnya ketombe, yaitu:

  • kulit iritasi dan berminyak;
  • kulit kering;
  • infeksi jamur malassezia (mirip jamur ragi) yang memakan minyak di kulit kepala;
  • sensitivitas terhadap produk perawatan rambut (dermatitis kontak);
  • penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim.


Obat Alami untuk Ketombe


Selain produk perawatan rambut, ketombe juga dapat diobati secara alami atau herbal. Melansir
Healthline
, ada sejumlah obat alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe, sebagai berikut:

1. Minyak pohon teh


Sejak zaman dulu, minyak pohon teh telah digunakan untuk mengobati penyakit seperti jerawat dan psoriasis. Minyak pohon teh juga terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, sehingga dapat membantu meringankan gejala gatal akibat ketombe.

2. Lidah buaya


Lidah buaya adalah bahan yang sering ditambahkan dalam salep kulit, kosmetik, dan lotion.

Ketika dioleskan pada kulit, dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti luka bakar, psoriasis , dan luka dingin. Penelitian menunjukkan bahwa sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya juga dapat melindungi dari ketombe.

3. Cuka sari apel


Cuka sari apel telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan dan sering digunakan sebagai obat alami untuk ketombe.

Itu karena keasaman cuka dipercaya dapat membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Cuka sari apel juga dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan dapat melawan ketombe.

4. Aspirin


Asam salisilat adalah salah satu senyawa utama yang ditemukan dalam aspirin yang bersifat anti-inflamasinya. Asam ini juga merupakan bahan dalam berbagai sampo anti ketombe.

5. Omega 3


Asam lemak omega-3 berperan penting dalam tubuh. Tidak hanya membentuk membran sel yang mengelilingi sel tetapi juga penting untuk jantung, sistem kekebalan serta paru-paru.

Omega-3 dipercaya dapat membantu mengelola produksi minyak dan menghidrasi kulit pada kondisi kulit kepala yang berketombe. Selain itu, zat ini juga membantu dalam penyembuhan luka mencegah penuaan dini.

Oleh karena itu, sangat disarankan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung omega-3 seperti telur, salmon, makarel, biji chia, dan kenari.

6. Probiotik


Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk perlindungan alergi, menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan berat badan

Bakteri ini juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, juga dapat membantu tubuh melawan infeksi jamur yang menyebabkan ketombe.

7. Soda kue


Soda kue adalah obat ketombe yang cepat, mudah dan dapat ditemui dimanapun. Soda kue berfungsi sebagai exfoliant lembut untuk mengangkat sel kulit mati serta mengurangi pengelupasan dan gatal. Selain itu, soda kue juga memiliki sifat antijamur yang berguna untuk pengobatan ketombe.

8. Minyak kelapa


Minyak kelapa terkenal karena berbagai manfaat kesehatannya. Minyak kelapa juga digunakan sebagai obat alami untuk ketombe. Minyak ini bekerja dengan meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan, yang dapat memperparah ketombe.

9. Mengubah gaya hidup


Ketombe dapat diatasi secara alami dengan mengubah gaya hidup Perubahan gaya hidup termasuk dengan menghindari stres berlebih dan mengurangi konsumsi makanan tertentu.

Stres dipercaya berpengaruh pada kesehatan. Baik itu kesehatan fisik atau kesehatan mental. Stres tidak menyebabkan ketombe secara langsung. Namun, hal itu dapat memperburuk gejala seperti kekeringan dan gatal-gatal.

Selain itu, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita ketombe, termasuk:

  • Karbohidrat olahan.
  • Daging merah.
  • Makanan proses dan cepat saji.
  • Gorengan.
  • Makanan dan minuman manis.


Baca juga artikel terkait KETOMBE atau tulisan menarik lainnya Tifa Fauziah
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Yonada Nancy

DarkLight