Mengenal Apa Itu CorelDRAW dan Kegunaannya

Penulis: Ibnu Azis - 14 Des 2021 13:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
CorelDRAW adalah perangkat lunak pengolah grafis berbasis vektor. Software ini memiliki banyak kegunaan. Apa saja? Temukan penjelasannya di sini.
tirto.id - CorelDRAW adalah software pengolah grafis yang memiliki kegunaan untuk membantu pekerjaan desainer. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Corel Corporation, sebuah perusahaan yang berbasis di Ottawa, Kanada.

Dikutip dari situs web resminya, Corel membantu lebih dari 90 juta pekerja untuk menjadi lebih kreatif dan produktif melalui produk-produk mereka. Corel didirikan pada 1985 atau kenyang pengalaman dalam industri ini lebih dari 30 tahun.

Dikutip dari dokumen bertajuk “A Short History of CorelDRAW Celebrating 20 Years of Innovation in Design” (PDF), CorelDRAW versi pertama dirilis pada 1989 dan bernama CorelDraw 1.0. Software ini berjalan pada sistem operasi Windows 2.1

Sementara CorelDRAW versi terbaru adalah CorelDRAW Graphics Suite 2021. CorelDRAW versi 23 ini dirilis pada Maret 2021. CorelDRAW Graphics Suite 2021 tersedia pada lintas platform serta perangkat baik Windows, Mac, web, iPad, dan termasuk perangkat seluler, dengan kemampuan dan fitur yang lebih disempurnakan.


Apa Itu CorelDRAW?


Secara sederhana, CorelDRAW adalah perangkat lunak pengolah grafis berbasis vektor atau garis. Objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung.

Software pengolah grafis berbasis vektor tidak hanya CorelDRAW. Adapun perangkat lunak sejenis, macam Adobe Illustrator, Beneba Canvas, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, dan Micrografx Designer.

CorelDRAW adalah suatu program yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi gambar dan teks secara cepat dan mudah. CorelDRAW memiliki fitur setting dan layout untuk bermacam-macam produk.

CorelDRAW sangat familiar bagi pekerja desain grafis lantaran menawarkan sejumlah kemudahan baik dalam fitur maupun kecanggihan kemampuannya.


Kegunaan CorelDRAW


Meski pada dasarnya adalah perangkat lunak pengolah objek berbasis vektor, CorelDRAW dapat diandalkan untuk eksekusi sejumlah tugas yang erat kaitannya dengan desain grafis.

Mengenai sejumlah produk yang dapat dihasilkan oleh CorelDRAW, antara lain sebagai berikut:

  • Cover;
  • Layout;
  • Iklan;
  • Brosur;
  • Kalender;
  • Leaflet;
  • Stiker;
  • Spanduk;
  • Poster;
  • Undangan;
  • Kartu nama;
  • Dan masih banyak lagi.

Dikutip dari buku Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA/MA Kelas XII karya Eko Supriyadi dan Muslim Heri Kiswanto (PDF), CorelDRAW adalah software yang berorientasi pada objek dan layar.

CorelDRAW memiliki sejumlah kelebihan, yang salah satunya saat membuat desain diperbesar atau zoom. Berapa pun perbesaran yang dilakukan, gambar tak pecah. Sehingga, desainer dapat lebih detail saat menggabungkan desain.


Baca juga artikel terkait CORELDRAW atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Yantina Debora

DarkLight