Mengenal AnimeGan: Teknologi Ubah Foto Normal Jadi Latar Gaya Anime

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 10 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Background anime saat ini menjadi tren, AnimeGan merupakan teknologi yang bisa mengubah foto normal menjadi latar bergaya animasi.
tirto.id - Background anime telah menjadi tren bagi para penggemar anime, dan saat ini sudah ada teknologi dalam bentuk mesin pembelajaran untuk mengubah foto latar menjadi background bergaya anime.

Temuan terbaru ini merupakan hasil tim peneliti dari Universitas Wuhan dan Universitas Teknologi Hubei, Tiongkok di mana mereka menciptakan cara untuk mengubah foto menjadi seni latar bergaya anime.

AnimeGan untuk Background Anime


Dikutip dari Hypebeast, teknologi itu adalah AnimeGAN: A Novel Lightweight GAN untuk animasi foto, yang mengubah foto normal menjadi latar belakang bergaya anime.

Teknologi jaringan bertenaga AI AnimeGan yang diciptakan ini menggunakan mesin pembelajaran melalui transfer gaya saraf dan jaringan adversarial generatif (GAN). Pengembangan ini mencapai hasil yang cepat dan berkualitas tinggi dengan kerangka yang ringan.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Jie Chen, Gang Liu, dan Xin Chen mengirimkan temuan mereka ke Simposium Internasional tentang Komputasi dan Aplikasi Intelijen pada tahun 2019 dan baru-baru ini disorot oleh outlet teknologi Jepang ITMedia.

Para peneliti menyebutkan, AnimeGAN dapat membantu seniman menghemat waktu saat mengilustrasikan garis, tekstur, warna, dan bayangan yang terkait dengan background foto yang terlihat lebih realistis.

Sementara untuk kerugian penggunaan AnimeGan, menurut peneliti, adalah hilangnya gaya grayscale, kerugian adversarial grayscale, dan hilangnya rekonstruksi warna.

Meski begitu, teknologi AnimeGAN tidak membutuhkan memori banyak, karena kapasitas yang dibutuhkan adalah memori yang lebih rendah.

Seorang pengguna GitHub baru-baru ini juga telah memposting kode sumber terbuka untuk AnimeGAN yang menggunakan platform pembelajaran mesin Tensorflow untuk diunduh dan digunakan oleh siapa saja yang ingin membuat background bergaya anime.

Anime sendiri merupakan karya animasi atau kartun yang asalnya dari jepang dan sekarang telah dikenal di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Popularitas anime, lewat beragam karakter dan kisah, telah lama membuat banyak anak muda di tanah air menyukainya.

Anime sebenarnya adalah bentuk animasi dari manga, istilah lain dari cerita bergambar atau komik.

Anime menghadirkan animasi yang penuh warna dengan gaya yang khas serta cerita yang menarik. Hal inilah yang membuat anime memiliki penggemar setia dari berbagai kalangan usia.


Baca juga artikel terkait BACKGROUND ANIME atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight