Mengenal Anggota Tubuh Manusia & Kegunaannya: Kepala-Organ Dalam

Oleh: Yonada Nancy - 18 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Rangkuman materi biologi: mengenal anggota tubuh manusia beserta kegunaannya.
tirto.id - Tubuh manusia terbentuk dari sel-sel hidup dan ekstraseluler yang membentuk jaringan, organ, dan sistem. Ilmu yang mempelajari struktur anggota tubuh manusia disebut dengan anatomi tubuh manusia.

Tubuh manusia terdiri atas berbagai bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Setiap anggota tubuh bekerja dengan saling berkaitan. Setiap fungsi anggota tubuh membantu manusia untuk bisa beraktivitas secara normal sehari-harinya.

Bagian-bagian anggota tubuh manusia

Berdasarkan materi di buku "Organ Tubuh Manusia dan Hewan" tubuh manusia dibagi atas tujuh bagian, antara lain:

1. Bagian kepala

Bagian kepala memuat sebuah organ bernama otak yang menjadi pengendali utama tubuh manusia. Otak bertanggung jawab untuk mengatur emosi dan tindakan manusia.

Lalu, kepala juga memuat bagian tubuh manusia yang merupakan indera pengelihatan, indera pengecap, indera pendengaran, dan indera penciuman atau pembau.

Indera penglihatan adalah indera yang digunakan oleh manusia untuk melihat. Indera ini terdapat pada bagian kepala, yaitu mata. Indera pengecap manusia adalah indera yang digunakan manusia untuk makan dan merespons rasa. Indera ini terdapat pada bagian kepala, yaitu lidah.

Kemudian, kepala juga memuat indera pendengaran, yaitu telinga. Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan manusia. Terakhir, indera yang juga terdapat pada bagian kepala adalah indera penciuman atau pembau, yaitu hidung. Hidung berfungsi untuk merespons bau dan sebagai alat pernapasan manusia.

Sementara, panca indera yang kelima adalah indera peraba atau kulit. Indera ini melekat di seluruh bagian tubuh manusia, tidak hanya kepala. Selain indera, tubuh bagian kepala juga membuat bagian-bagian lain meliputi rambut, wajah, dahi, alis, kelopak mata, pelipis, pipi, mulut, bibir, gigi, gusi, kumis, dan dagu.

2. Bagian atas

Tubuh bagian atas dimulai dari leher hingga perut. Tubuh bagian atas berfungsi untuk menopang sebagian besar anggota tubuh manusia dan menjadi tempat berlindung banyak organ dalam.

Tubuh bagian atas memuat beberapa bagian tubuh lainnya, seperti leher, pundak, dada, puting, perut, pusar, punggung, dan rusuk. Pada manusia dewasa, tubuh bagian atas akan ditumbuhi jakun untuk laki-laki dan payudara untuk perempuan.

3. Bagian bawah

Tubuh bagian bawah dimulai dari pinggang hingga kemaluan. Tubuh bagian bawah meliputi fungsi yang berbeda, mulai dari menopang tubuh hingga menjadi bagian dari sistem pembuangan manusia. Bagian-bagian tubuh tersebut antara lain pinggang, panggul, pantat, kemaluan, dan dubur.

Bagian kemaluan berbeda antara laki-laki dan perempuan. Bagian kemaluan pada perempuan disebut dengan vagina, sementara laki-laki disebut penis. Pada laki-laki bagian tubuh bawah terdapat buah pelir atau testis.

4. Bagian tangan

Tangan adalah bagian tubuh gerak yang digunakan untuk berbagai kegiatan. Pada manusia yang sehat dan normal, tangan terdiri atas dua bagian yaitu tangan kiri dan tangan kanan.

Setiap bagian tangan terdiri atas ketiak, lengan atas, siku, lengan bawah, telapak tangan, pergelangan tangan, jari-jari tangan, dan kuku. Jari-jari tangan kemudian dibagi lagi atas lima bagian yaitu ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking.

5. Bagian kaki

Selain tangan, manusia juga memiliki kaki yang berfungsi sebagai bagian tubuh gerak. Seperti halnya tangan, manusia yang sehat dan normal memiliki dua buah kaki yaitu kaki kanan dan kaki kiri.

Bagian tubuh kaki dimulai dari paha, lutut, betis, mata kaki, telapak kaki, punggung kaki, tumit, jari kaki, dan kuku kaki.

6. Bagian umum

Bagian umum dari tubuh manusia adalah panca indera yang kelima yaitu indera peraba atau kulit. Kulit terdapat diseluruh bagian tubuh manusia.

Menurut Rumah Belajar, kulit berfungsi sebagai penerima respons berupa sentuhan, tekanan, temperatur (panas dan dingin), dan rasa sakit. Selain kulit, bagian umum dalam tubuh manusia adalah bulu dan pori-pori.

7. Bagian dalam

Bagian dalam tubuh manusia meliputi organ dalam. Organ dalam berfungsi untuk mengatur pernapasan, peredaran darah, hingga pencernaan. Tubuh bagian dalam meliputi otak, darah, daging, tulang, otot, usus, jantung, paru-paru, lambung, ginjal, hati, dan pankreas.

Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, bagian-bagian ini juga bisa merasakan sakit. Sehingga, menjaga kesehatan bagian tubuh dalam sama pentingnya dengan menjaga tubuh bagian luar.

Cara menjaga bagian-bagian anggota tubuh

Setiap bagian tubuh harus dijaga agar selalu bersih dan sehat. Bagian tubuh yang sakit dapat mengganggu fungsi bagian tubuh lainnya dan menyebabkan terhambatnya kegiatan sehari-hari.

Menurut buku "Aku Sayang Tubuhku" yang dirilis oleh Kemendikbud, ada beberapa cara untuk menjaga agar tubuh selalu sehat dan bersih, yaitu:
  • Rajin menjaga kebersihan dengan mandi dua kali sehari, mencuci tangan, menggosok gigi, dan berpakaian yang nyaman dan sopan.
  • Makan makanan yang sehat dan bergizi seperti buah, sayur, daging, susu, dan banyak mengonsumsi air putih. Penting juga untuk tidak jajan disembarang tempat.
  • Tidur cukup setiap hari
  • Rajin berolahraga.


Baca juga artikel terkait ANGGOTA TUBUH MANUSIA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight