Mengenal 3 Pekan Mode Selain Paris Fashion Week, Ada NYFW

Kontributor: Nurul Azizah - 9 Mar 2022 15:41 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal tiga fashion week selain Paris Fashion Week. Ada New York Fashion Week atau NYFE dan Milan Fashion Week.
tirto.id - Paris Fashion Week menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini terkait pro kontra beberapa brand Indonesia yang dianggap mengklaim masuk Paris Fashion Week yang digelar di Paris 28 Februari — 8 Maret 2022.

Menurut laman Teen Vogue, fashion week adalah gelaran ketika para desainer papan atas industri mode mempresentasikan koleksi mereka yang akan datang dalam serangkaian pertunjukan.

Sejarah Fashion Week


Fashion week bermula pada tahun 1943. Melansir dari laman Teen Vogue, awalnya istilah fashion week adalah press week dan berlangsung pada puncak Perang Dunia II. Saat itu, media fashion Amerika tidak bisa pergi ke Paris untuk melihat koleksi musim berikutnya.


Kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh New York dan Amerika untuk menunjukkan kepada dunia tentang mode mereka. Sejak saat itulah, nama press week berubah menjadi fashion week. Pertunjukan digelar di berbagai tempat di seluruh New York City.

Fashion week tidak hanya bernilai untuk bisnis semata. Desainer dan seluruh penyelenggara menyusun pelaksanaan helatan ini jauh sebelum fashion week berlangsung.

Dilansir dari laman Slate, proporsi yang dipersembahkan saat fashion week berlangsung telah disusun sejak berbulan-bulan, mulai dari mengutak-atik mode, mengkombinasi warna hingga tahap penyempurnaan.

Tiga Fashion Week Selain Paris Fashion Week


Selain perhelatan Paris Fashion Week, ada tiga event fashion dengan kancah internasional dan bergengsi, sebagai berikut:

1. New York Fashion Week (NYFW)

Melansir dari laman Teen Vogue, NYFW diadakan dua kali setahun—sekali di bulan Februari dan sekali di bulan September. Seperti misal pada pelaksanaan tahun ini, pertunjukan NYFW berlangsung secara resmi dari 11 — 19 Februari 2022.

Namun, pesta dan perayaan yang berbeda selalu dimulai satu atau dua hari lebih awal. Ada berbagai rangkaian acara runway lainnya sepanjang tahun (Haute Couture, Swim Week, dll.), tetapi ketika orang merujuk ke Fashion Week, ini adalah acara dua tahunan yang mereka bicarakan.

2. London Fashion Week

London Fashion Week dimulai dari 18 — 22 Februari 2022. Kota London dikenal telah melahirkan beberapa nama hebat dalam dunia fashion. Beberapa di antaranya adalah Alexander McQueen, John Galliano, Erdem, Jonathan Anderson, Simone Rocha. Selain itu, kampus fashion terbaik di dunia juga berada di London, yaoti Central Saint Martins.

2. Milan Fashion Week

Helatan Milan Fashion Week dilaksanakan pada 22 — 28 Februari 2022. Kota Milan disebut sebagai rumah mode, seperti Versace, Prada, Giorgio Armani, Dolce & Gabbana, Moschino. Milan Fashion Week kali pertama diadakan pada tahun 1958. Saat itu, event perdana ini diselenggarakan oleh Camera Nazionale della Moda Italiana (The National Chamber for Italian Fashion).

Melansir dari laman Teen Vogue, secara sederhana konsep fashion week berarti pembeli datang ke toko untuk melihat penawaan musim mendatang dan memesannya. Sementara itu, bagi editor majalah fashion, momentum fashion week digunakan untuk memperkirakan tren dan melihat tampilan serta bagian apa saja yang akan mereka tampilkan dalam publikasi majalah.

Tentunya momentum fashion week ini akan membantu mereka untuk memancing ide dan fitur mode selama enam bulan ke depan.


Baca juga artikel terkait PARIS FASHION WEEK atau tulisan menarik lainnya Nurul Azizah
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yantina Debora

DarkLight