Mengapa Marc Klok Mau Jadi WNI Selain Faktor Timnas Indonesia?

Oleh: Iswara N Raditya - 6 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
PSSI menyebut bahwa Marc Klok selangkah lagi menjadi WNI setelah pengajuan naturalisasinya disetujui pemerintah.
tirto.id - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut bahwa Marc Klok selangkah lagi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah pengajuan naturalisasinya disetujui pemerintah. Lantas, apa alasan gelandang Persija Jakarta kelahiran Belanda itu ingin menjadi WNI selain tentunya berniat memperkuat Timnas Indonesia?

"PSSI ikut senang Marck Klok selangkah lagi menjadi warga negara Indonesia. Tentu ini hal yang positif bagi PSSI karena Klok bisa saja dipanggil memperkuat timnas Indonesia,” ujar Mochamad Iriawan, Senin (5/10/2020), dikutip dari laman resmi PSSI.

Mochamad Iriawan menegaskan bahwa PSSI tidak asal memberikan bantuan kepada pemain asing yang ingin menjadi WNI. Marc Klok, lanjutnya, dinilai layak membela Timnas Indonesia karena mantan pemain PSM Makassar ini punya banyak faktor positif.

“Klok merupakan pemain hebat, dia sudah menunjukkan talentanya saat bermain di beberapa liga di Eropa, lalu PSM Makassar dan saat ini bermain di Persija Jakarta,” sebut Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa dengan panggilan Iwan Bule ini.

“Kami tidak sembarangan mengajukan proses naturalisasi. Pemain yang benar-benar memiliki skill, teknik serta attitude yang mumpuni dan bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia yang akan diajukan proses naturalisasi oleh PSSI,” imbuh Ketua Umum PSSI.


Alasan Marc Klok Ingin Dinaturalisasi

Marc Klok merasa amat senang karena didukung penuh oleh PSSI dalam pengajuan proses naturalisasinya menjadi WNI hingga disetujui oleh pemerintah.

Alasan utama pemain berusia 27 tahun ini tentu saja ingin memperkuat Timnas Indonesia, tapi ia juga punya pertimbangan lain.

"Terima kasih kepada Ketua Umum PSSI dan pihak-pihak yang telah membantu saya dalam proses naturalisasi ini. Saya merasa senang, semua proses yang sudah dilakukan bisa berjalan dengan lancar,” ucap Marc Klok dikutip dari Antara.

“Selama ini, saya menikmati bisa bermain di Liga Indonesia serta tertarik juga dengan kultur budaya Indonesia yang dikenal dengan keramahannya," beber pesepakbola yang pernah berkiprah di Liga Belanda, Inggris, dan Skotlandia, ini.

"Saya berharap memperkuat dan meraih prestasi bersama Timnas Indonesia," tandasnya.

Marc Klok lahir di Amsterdam, Belanda, tanggal 20 April 1993 atau kini masih berusia 27 tahun. Jebolan akademi sepak bola FC Utrecht ini pertama kali bermain di kompetisi tertinggi sepak bola pada 2017 bersama PSM Makassar.

Selama memperkuat tim Juku Eja hingga akhir Liga 1 musim lalu, Marc Klok sangat berperan bagi lini tengah PSM Makassar. Ia tampil dalam 83 pertandingan dan mencetak 14 gol sebelum pindah ke Persija pada awal Liga 1 2020

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight