Mendagri Serahkan 105 Juta Data Pemilih Pilkada 2020 ke KPU

Oleh: Riyan Setiawan - 23 Januari 2020
Kemendagri menyerahkan Data Penduduk Pemilih Potensi Pemilu (DP4) kepada KPU untuk persiapan Pilkada 2020.
tirto.id -
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan Data Penduduk Pemilih Potensi Pemilu (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Penyerahan tersebut dilakukan langsung Mendagri Tito Karnavian kepada Ketua KPU RI Arief Budiman, di Kantor KPU Pusat, Jakarta Pusat.

DP4 yang diserahkan mencapai 105.366.460 pemilih, yang terdiri dari 52. 778. 939 pemilih pria dan perempuan 52. 617. 521 jiwa.

“Tugas dari Kemendagri, dalam konteks pemilu ini adalah memberikan dukungan kepada KPU, dalam mengidentifikasi pemilih, data penduduk potensial pemilih, DP4, itulah yang kita laksanakan hari ini,” kata Tito, Kamis (23/1/2020).

Mantan Kapolri itu memastikan peran serta Kemendagri akan terus berlanjut selama proses Pilkada 2020. Kemendagri juga akan membantu KPU dalam melakukan verifikasi ataupun pemutakhiran data pemilih.

“Kami tentu siap, anytime, untuk melakukan updating,” ucapnya.

Agar Pilkada dapat berjalan dengan baik, Tito juga berpesan kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada bekerja dengan tetap mempertahankan netralitas.

“Kita harapkan penyelenggara, KPU, Bawaslu, DKPP netral, non partisan dan mampu melakukan perencanaan serta eksekusi dengan baik,” pungkasnya.


Baca juga artikel terkait PILKADA 2020 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Hendra Friana
DarkLight