Mendag: Pertemuan G20 di Jepang Terkait Pertukaran Data

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 29 Mei 2019
Dalam KTT G20 akan dibahas soal pertukaran data masing-masing negara, termasuk Indonesia dan Jepang.
tirto.id - Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan, agenda konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Jepang pada Juni mendatang terkait pertukaran data dengan pemerintah Jepang.

"Itu terkait dengan usulan dari Perdana Menteri Abe [Perdana Menteri Jepang] untuk menyambut society 5.0 di mana mengenai big data," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, usai melakukan pertemuan dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Hiroshige Seko yang membahas mengenai pertemuan KTT G20 di Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (29/5/2019).

Menurut dia, pembahasan keterbukaan informasi jadi tema KTT G20 yakni 'Data Free Flow With Trust’. Fokusnya, kata dia, terhadap jenis data apa saja yang bisa diakses antar negara termasuk cara memproteksi data-data sensitif yang tak bisa dibagi demi kemanan masing-masing negara yang terlibat.

"Karena masing-masing negara punya sensitifitas masing-masing," kata dia.

Sebelumnya, Enggartiasto bertemu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang, Hiroshige Seko terkait KTT G20 pada 28-29 Juni 2019 di Osaka, Jepang.

Sedangkan, persiapan KTT G20 akan berlangsung pada 8-9 Juni di Provinsi Tsukuba Jepang. Dalam persiapan ini akan ada pertemuan tingkat menteri membahas persoalan yang akan disepakati dalam KTT.


Baca juga artikel terkait KTT G20 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali
DarkLight