Mendag Klaim Orang Indonesia Mulai Suka Beli Barang Lokal

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 10 Januari 2019
Transaksi produk lokal pada hari belanja online nasional (Harbolnas) naik 44,7 persen di tahun 2018 dibandingkan tahun 2017.
tirto.id - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengklaim, orang Indonesia saat ini sudah menyukai barang-barang lokal, hal ini tampak dalam laporan awal tahun.

Bahkan pertumbuhan dari perdagangan produk lokal 2018 di sektor retail dan penjualan online lebih tinggi dibandingkan tahun 2017.

Saat ini, sebagian besar retail modern telah menjual lebih dari 80 persen produk lokal. Bahkan transaksi produk lokal pada hari belanja online nasional (Harbolnas) naik 44,7 persen di tahun 2018 dibandingkan tahun 2017.

"Kami juga melakukan kampanye untuk menjual produk dalam negeri yang tingkat penjualan di retail modern sudah jual 80 persen produk lokal," kata Enggar di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019).

Sementara itu kajian mengenai barang lokal yang dijual secara online juga tampak ada peningkatan penjualan. Enggar mengemukakan, pada hari belanja diskon Indonesia mencapai Rp40 triliun dalam satu minggu atau meningkat 10 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Nilai Rp40 triliun itu hanya satu sample tapi mewakili untuk gambaran penjualan produk lokal," kata dia.

Ia menjelaskan, langkah yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk lokal di antaranya, peningkatan standar dan mutu produk.

Enggar menambahkan, pihaknya juga berupaya untuk meningkatkan kualitas kemasan, akses pemanfaatan teknologi produksi, branding dan pembinaan produk unggulan daerah.


Baca juga artikel terkait KONSUMEN atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno