Mendag Jepang Beri Ucapan Selamat Menang Pilpres ke Jokowi

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 29 Mei 2019
Mendag Jepang menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Jokowi di Pilpres 2019 melalui Mendag Enggartiasto Lukita.
tirto.id - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan pesan yang dititipkan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Hiroshige Seko yang mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden untuk periode kedua usai rekapitulasi penghitungan suara dari Komisi Penyiaran Umum (KPU).

Penyampaian ucapan selamat ini disampaikan Hiroshige usai pertemuan bilateral untuk persiapan forum besar G20 yang akan dilaksanakan di Tsukuba Jepang di awal Juni 2019.

"Beliau mengucapkan selamat atas telah terselenggaranya pemilu yang berjalan dengan sangat baik, dengan partisipasi yang begitu tinggi, dan yang paling penting adalah terpilihnya kembali Pak Jokowi," ujar dia di Kantor Kementerian Perdagangan Ridwan Rais, Gambir, Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Ia juga sempat menyampaikan selamat pada Menteri Perdagangan Hiroshige atas pengangkatan Kaisar baru jepang yaitu Kaisar Naruhito.

"Saya juga sempat sampaikan karena Jepang punya kaisar baru, kan," ucap dia.

Pertemuan ini, kata Enggar, merupakan pertemuan dalam persiapan menuju Forum G20. Dengan adanya pertemuan tersebut diharapkan investasi Jepang ke Indonesia akan bertambah.

Berdasarkan data dari Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM), Jepang adalah negara nomor dua dengan jumlah penanaman modal asing atau PMA terbesar di Indonesia.

Investasi PMA Jepang di Indonesia sepanjang 2018 senilai 4,9 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau 16,7 persen dari total PMA periode itu.

"Ada indikasi mereka menunjukkan yang sangat positif mengenai kerja sama ekonomi perdagangan ekspor, impor, investasi, Ada trust yang kelihatan sekali dan mereka menyambut dengan sangat baik," tandas dia.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight