Menang Telak, Riza Patria Terpilih Sebagai Wagub DKI Jakarta

Oleh: Riyan Setiawan - 6 April 2020
Dari 100 anggota DPRD DKI Jakarta yang hadir, Riza Patria memperoleh sebanyak 81 suara, unggul jauh dibandingkan lawannya Nurmansyah Lubis yang hanya meraih 17 suara.
tirto.id - Politikus Partai Gerindra keluar sebagai pemenang dalam pemilihan wakil gubernur (Wagub) DKI Jakarta dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020). Riza menang telak dari lawannya yakni kader Partai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansyah Lubis.

Riza memperoleh sebanyak 81 suara, unggul jauh dibandingkan Nurmansyah yang hanya meraih 17 suara. Sementara 2 suara tercatat tidak sah dalam pemilihan wagub DKI Jakarta yang dihadiri 100 wakil rakyat DPRD DKI Jakarta ini.

"Nomor urut pertama Ahmad Riza Patria mendapatkan 81 suara. Nomor urut dua Nurmansjah Lubis mendapatkan 17 suara. Total suara sah 98. Suara tidak sah ada dua," ungkap Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Farazandi Fidinansyah di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020).

Pada pemilihan Wagub DKI kali ini, dihadiri sebanyak 100 orang dari masing-masing fraksi partai. Terdapat enam anggota DPRD yang tidak hadir dalam pemilihan Wagub DKI kali ini lantaran telat mengisi daftar hadir dari waktu yang telah ditentukan pukul 10.00 WIB.

"Total daripada pemilihan hari ini jumlahnya 100. Apa disepakati?," tanya Farizandi dan dijawab setuju oleh wakil rakyat yang hadir.

Pada pemilihan Wagub kali ini, terlihat posisi duduk dari masing-masing anggota DPRD berbeda dari biasanya lantaran untuk mencegah penyebaran COVID-19 atau pandemi virus Corona. Diketahui pemilihan Wagub DKI ini molor sekitar dua pekan dari jadwal yang telah ditentukan sebelumnya yakni 23 Maret 2020.

Akhirnya saat ini, Senin 6 April 2020 pemilihan Wagub itu telah terealisasi dan Politikus Partai Gerindra keluar sebagai pemenang dan menggantikan Wagub sebelumnya Sandiaga Uno, juga dari Partai Gerindra yang memilih mundur untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.



Baca juga artikel terkait WAGUB DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto
DarkLight