Bunga Bank Nol Persen

Menabung di Bank Cuma Dapat Bunga Nol Persen, Untung atau Rugi?

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 7 Sep 2022 12:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Sejumlah perbankan di Indonesia menerapkan kebijakan tabungan hampir mendekati nol persen atau tidak ada bunganya sama sekali.
tirto.id - Sejumlah perbankan di Indonesia menerapkan kebijakan tabungan hampir mendekati nol persen atau tidak ada bunganya sama sekali. Bunga nol persen tersebut diberlakukan untuk jumlah simpanan atau tabungan dengan jumlah besaran tertentu.

Lantas dengan bunga nol persen tersebut, apakah masih menguntungkan masyarakat menyimpan uangnya di perbankan?

Praktisi Perbankan BUMN dan Pemerhati Ekonomi, Sosial dan Ekosistem Digital, Chandra Bagus Sulistyo mengatakan, masyarakat tetap akan diuntungkan ketika menyimpan uang atau asetnya di lembaga perbankan. Sebab, ketika suku bunga acuan Bank Indonesia naik menjadi 3,75 persen maka otomatis bunga tabungan masyarakat juga akan meningkat.

"Kalau ditanya apakah masyarakat rugi menyimpan uangnya di bank justru tidak. Karena kita tahu dengan adanya kenaikan suku bunga ini otomatis bunga tabungan baik itu tabungan, deposito, giro akan meningkat," katanya saat dihubungi Tirto, Rabu (7/9/2022).

Dia mengatakan, dari segi keamanan menabung di perbankan sudah dijamin dan tidak perlu diragukan lagi. Sebab, beberapa bank-bank pelat merah dan juga beberapa swasta juga sudah dijamin oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS).

"Sehingga masyarakat diimbau untuk bisa menyimpan uangnya di perbankan. Karena kalau menurut saya lebih menguntungkan menyimpan uang di bank daripada ditaruh di tempat investasi menurut saya pribadi kurang aman," jelasnya.

Chandra meminta masyarakat dapat lebih bijak ketika menyimpan uang tabungannya. Alasannya, banyak bank-bank bodong serta investasi yang memberikan iming-iming imbal hasil lebih baik.

Karena itu, dia berharap, ketika masyarakat belum bisa menemukan alternatif pilihan investasi tepat, mereka bisa menyimpan uangnya di bank. "Jadi intinya adalah menabung di bank terutama milik pemerintah itu akan lebih aman dan menguntungkan sambil menunggu investasi lebih baik lagi," jelasnya.

Daftar Bunga Tabungan Perbankan

Melansir berbagai laman resmi beberapa perbankan, bunga tabungan untuk denominasi rupiah sekitar 0 persen - 1 persen.

Bank BNI

Perbankan berpelat merah ini, memberikan bunga 0 persen untuk tabungan yang memiliki saldo kurang dari Rp1 juta. Untuk jenis tabungan di atas Rp1 juta hingga Rp50 juta akan mendapatkan bunga 0,1 persen.

Selanjutnya, tabungan yang memiliki nominal di atas Rp50 juta hingga Rp500 juta akan mendapatkan bunga sekitar 0,2 persen.

Sementara tabungan senilai Rp500 juta hingga Rp1 miliar akan menerima bunga 0,6 persen. Simpanan yang memiliki nominal di atas Rp1 miliar akan memiliki bunga 0,8 persen.

Bank Mandiri

Untuk nasabah yang memiliki tabungan dengan nominal Rp0-Rp1 juta akan memiliki suku bunga 0 persen. Lalu, untuk nasabah yang memiliki tabungan Rp1 juta sampai kurang dari Rp50 juta juga akan diberlakukan suku bunga 0 persen.

Sementara untuk tabungan dari Rp50 juta hingga kurang dari Rp500 juta akan mendapatkan bunga sebesar 0,1 persen. Untuk tabungan Rp500 juta sampai kurang dari Rp1 miliar akan mendapatkan bunga 0,6 persen.

Untuk tabungan di atas Rp1 miliar, akan mendapatkan bunga 0,6 persen. Tingkat suku bunga juga berbeda untuk setiap produknya. Kemudian untuk jenis tabungan berjangka mulai dari 1 tahun hingga 15 tahun akan diberikan bunga mulai dari 1 persen - 1,85 persen.

Bank OCBC NISP

Nasabah yang memiliki simpanan kurang dari Rp1 juta akan memiliki bunga 0 persen. Sementara untuk tabungan Rp1 juta sampai dengan Rp30 juta, akan mendapatkan bunga 0,1 persen.

Kemudian, simpanan yang berkisar dari Rp30 juta hingga kurang dari Rp100 juta, akan mendapatkan bunga 0,1 persen.

Jenis tabungan yang memiliki simpanan Rp100 juta sampai Rp500 juta, akan memiliki bunga 0,5 persen dan tabungan yang bernilai lebih dari Rp1 miliar akan mendapatkan bunga 1 persen.

Bank CIMB Niaga

Tabungan jenis XTRA Savers Specials dengan nominal kurang dari Rp1 juta akan menerima bunga 0 persen. Sementara simpanan senilai Rp1 juta sampai kurang dari Rp100 juta, memiliki bunga 0,25 persen.

Tabungan dengan nominal Rp100 juta hingga kurang dari Rp250 juta, akan mendapatkan bunga 1 persen. Tabungan dengan nominal Rp250 juta hingga kurang dari Rp500 juta, akan mendapatkan bunga 2 persen.

Lalu, untuk tabungan dengan jumlah nominal Rp500 juta hingga kurang dari Rp5 miliar, akan mendapatkan bunga 2,25 persen dan di atas Rp5 miliar akan mendapatkan bunga 2,5 persen.

Dalam laman resminya, CIMB mengatakan bahwa tingkat suku bunga dapat berubah sewaktu-waktu dan akan diinformasikan kepada nasabah melalui cabang.


Baca juga artikel terkait PERBANKAN atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Maya Saputri

DarkLight