Memasuki Masa Tenang, Ma'ruf Amin: Pak Jokowi Umrah, Saya Enggak

Oleh: Bayu Septianto - 14 April 2019
Joko Widodo disebut akan melaksanakan ibadah umrah selama masa tenang, sementara Ma'ruf akan habiskan waktu dengan keluarga.
tirto.id - Pelaksanaan debat kelima Pilpres 2019 telah berakhir seiring dengan selesainya masa kampanye Pemilu 2019. Tahapan Pemilu memasuki masa tenang yang dimulai pada Minggu (14/4/2019) hingga Selasa (16/4/2019).

Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo disebut akan melaksanakan ibadah umrah selama masa tenang. Hal itu dibenarkan cawapresnya, Ma'ruf Amin.

"Pak Jokowi umrah, saya enggak. Mau umrah langsung malam ini," ujar Ma'ruf usai debat kelima di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Ma'ruf lebih memilih beristirahat dan berkumpul bersama keluarga selama masa tenang. Sebab, Ma'ruf merasa sudah cukup lama berkampanye meninggalkan rumah.

"Kan sudah sekian lama kita muter kayak Jarum Super. Jarum Super itu 'Jarang di Rumah Suka Pergi Muter'. Jadi Jarum Super berapa lama itu," ucap Ma'ruf.

Sementara itu, Jokowi hanya tersenyum dan tertawa saat ditanya mengenai rencananya pergi beribadah umrah selama masa tenang.

Kabar Jokowi akan melaksanakan umrah dinyatakan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin pada Sabtu (13/4/2019).

"Iya benar [berangkat] malam ini juga," kata Bey.

Jokowi diketahui akan berangkat umrah tidak dalam rombongan besar, tetapi hanya rombongan terbatas. Mantan Gubernur DKI itu dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada Senin (15/4/2019).

Bey juga memastikan Jokowi tidak akan membawa serta perwakilan dari media untuk meliput kegiatan selama di Tanah Suci.

"Enggak ada [media] yang ikut," ucap Bey.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight