Memasuki Masa Tenang, Anies: DKI Harus Bersih Alat Peraga Kampanye

Oleh: Alfian Putra Abdi - 14 April 2019
Satuan kerja Pemrpov DKI Jakarta sudah berupaya menurunkan APK terutama yang ada di jalan protokol.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau kepada para peserta Pemilu 2019, khususnya yang berada dalam wilayah pemerintahannya untuk segera menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) karena saat ini sudah memasuki masa tenang.

"Saya harap seluruh peserta pemilu bertanggung jawab membersihkan alat-alat peraga yang mereka pasang," ujarnya di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019).

Anies mengatakan, satuan kerja Pemrpov DKI Jakarta dalam hal ini Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup sudah berupaya menurunkan APK, terutama di jalan protokol. Dapat ia pastikan pada area tersebut sudah bebas APK.

"Saya lewat itu jam 01.00 WIB, setengah dua pagi di beberapa wilayah itu Satpol PP, lalu dari Dinas Lingkungan Hidup, mereka membantu tugas yang sebetulnya Bawaslu lakukan. Saat ini jalan-jalan utama Insyaallah sudah mulai bersih, kemudian akan bergerak di wilayah lain," ujar Anies yang memantau langsung dengan berkeliling DKI Jakarta.

Ia juga mengatakan Pemprov DKI Jakarta siap membantu KPU dalam menyukseskan pelaksanaan Pilpres maupun Pileg 2019, mulai dari sarana dan prasarana, hingga sumber daya manusia.

"Apa saja yang menjadi kebutuhan insyaallah akan kami fasilitasi, termasuk pada pagi ini kami mendukung apel siaga. Sebagai penegasan seluruh jajaran yang tadi hadir, para walikota, camat, lurah, dari seluruh wilayah bahwa kami siap mendukung KPU DKI Jakarta melaksanakan proses pemilu dan pileg," tuturnya.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pejabat daerah setingkat kecamatan, kelurahan, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk memastikan pemilu 2019 di DKI Jakarta dapat berjalan lancar.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Dipna Videlia Putsanra