Memakai Masker dan Vaksinasi Covid-19 adalah Dua Kunci Utama

Oleh: Alexander Haryanto - 20 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Protokol kebiasaan baru harus tetap digalakkan yakni dengan menggunakan masker dan melakukan vaksinasi Covid-19.
tirto.id - Sampai saat ini belum ada yang mampu memprediksi kapan virus Corona Covid-19 akan berakhir dari muka bumi ini, termasuk Indonesia. Kendati demikian, meskipun Covid-19 tetap ada, roda kehidupan tetap harus berjalan.

Maka daripada itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kebiasaan baru dengan tetap menggunakan masker dan melakukan vaksinasi Covid-19.

Menurut dia, tetap menggunakan masker dan melakukan vaksinasi adalah dua kunci utama yang tetap harus dilaksanakan. “Dengan bermasker dan sudah divaksin maka masyarakat bisa bekerja, belajar, berolahraga, beribadah, dan melakukan berbagai kegiatan di mana saja dengan lebih aman,” kata Johnny seperti dikutip laman resmi Satgas Covid-19.

Agar hal tersebut bisa berjalan sesuai rencana, Johnny mengatakan, pemerintah butuh partisipasi masyarakat sehingga Covid-19 bisa dikendalikan. Masyarakat bisa berkontribusi dalam menekan angka Covid-19 dengan cara disiplin menggunakan masker dan melakukan vaksinasi.

“Ini adalah upaya dari kita, oleh kita, dan untuk kita juga. Dengan ikhtiar ini, semoga dampak COVID-19 akan dapat ditekan dan kita tak perlu diberlakukan lagi darurat PPKM. Ekonomi pun tetap jalan tanpa mengabaikan prioritas kesehatan,” ucap Johnny.

Sebagai informasi, vaksinasi Covid-19 adalah salah satu upaya untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, setidaknya 70 persen populasi dalam satu wilayah harus sudah melakukan vaksinasi.

Sampai saat ini, pemerintah terus melakukan program vaksinasi Covid-19, bahkan terus memastikan ketersediaanya. Berdasarkan data Per 31 Agustus 2021, dalam kurun waktu dua bulan, Juli-Agustus, sudah 100 suntikan vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Dengan digalakkannya program vaksinasi ini, pemerintah memberikan imbauan kepada masyarakat yang belum melakukan vaksin untuk segera melakukannya.

“Mari kita mulai kebiasaan baru dengan bermasker di manapun dan kapanpun, dan selalu bersiap untuk vaksin bila stok tersedia. Sebaik-baiknya vaksin yang adalah vaksin vaksin yang telah tersedia dan siap digunakan. Hal ini merupakan bagian dari protokol kebiasaan baru bagi Indonesia yang bersiap menuju hidup bersama COVID-19,” kata Menkominfo.

Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad



Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Alexander Haryanto
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight