Melihat Desain Ibu Kota Baru yang Menangkan Sayembara PUPR

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 23 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Melihat rancangan ibu kota negara (IKN) yang memenangi Sayembara Kementerian PUPR, Nagara Rimba Nusa.
tirto.id - Rancangan ibu kota negara (IKN) yang memenangi Sayembara Kementerian PUPR, Nagara Rimba Nusa, memuat beberapa letak bangunan penting untuk dibangun.

Dalam miniatur konsep tersebut, beberapa fasilitas dan bangunan yang sudah dibangund di antaranya wilayah kompleks pemerintahan seperti Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, Kompleks legislatif, Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.

Ada pula Kompleks Kementerian Koordinator, Kompleks Kementerian, Kompleks Institusi Pemerintah, Kompleks Kedutaan Besar, Markas Besar TNI & POLRI, City Command Center, Gedung Perpustakaan, Arsip Nasional hingga Data Center.


Semetara itu, kawasan Utara Nagara Rimba Nusa terdiri dari Area Hunian, Pusat Distrik, Sekolah, Sport Stadium, dan Marina Barrage.

Ada pula kawasan wisata seperti Viewing Deck, Park Center, Discovery Center, Glamping Zone, Eco Research Center, Eco Dome/Plant Collection, Aviary.


Di Kawasan pusat kota, seperti, Galeri Nasional, Museum Perjuangan Indonesia, Koridor Kebangsaan, Perkantoran BUMN & Swasta, Kawasan Hunian Campuran, Pusat Distrik, Commercial Center, Akademi Pemerintahan.
Serta ada pula fasilitas lainnya, yaitu kawasan Danau Pancasila. Beberapa bangunan sudah tampak direncanakan di bangun. Masjid Negara, Kompleks Rumah Ibadah, Museum Peradaban Indonesia, Monumen Persatuan Indonesia, Stasiun & Pasar Rakyat, Wetland Research Center, Coastal Discovery Centre dan Marine Research.

Kemudian di bagian selatan akan di bangun Kawasan Hunian, Pusat Distrik, Transit Hub, Kompleks Hotel & Resort, Pelabuhan.

Selain menggelar sayembara desain IKN, beberapa bangunan khusus yang sudah didesain tata letaknya pun akan di lakukan sayembara. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelsakan, desain awal Istana Kepresidenan yang digambarkan oleh pemenang sayembara hari ini tidak akan digunakan oleh Pemerintah.

"Bangunannya nanti kita sayembarakan lagi. kalau itu kan tanda tanda saja. Ini kan urban desain," kata dia di Kementerian PUPR, Senin (23/12/2019).


Basuki menjelaskan, desain istana belum ditetapkan oleh Pemerintah. Menurutnya, Pemerintah akan fokus terlebih dahulu pada desain pembangunan infrastruktur dasar.

"kalau sudah kita tetapkan [desain], baru kita mulai dengan gedung-gedungnya. MPR DPR, Mahkamah Agung,[Istana] Presiden Wapres, itu harus didesain," katanya.


Baca juga artikel terkait PEMINDAHAN IBUKOTA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Hendra Friana
DarkLight