Meizu Zero, Smartphone Unik Tanpa Tombol dan Port Dirilis di Cina

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 24 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tak hanya mengunggulkan desain, spesifikasi Meizu Zero juga memikat, harga belum terungkap.
tirto.id - Meizu baru saja merilis smartphone baru di Cina, Zero yang mengusung desain unik, tanpa tombol fisik dan port.

Diperkenalkan pada Rabu (23/1/2019) kemarin, smartphone canggih tanpa "lubang" ini berkonsep one piece ceramic unibody solid, yang dipadukan kemampuan tahan air dan debu berkat sertifikat IP68.

Melansir laman komunitas Meizu Cina, Kamis (24/1), Zero menggunakan tombol sentuh kapasitif untuk volume dan power, sedangkan untuk lubang speaker mengadopsi teknologi piezoelectric transducer, yang tersemat di bawah layar.

Sebagai catatan, teknologi piezoelectric transducer bukan hal yang baru, lantaran sudah digunakan oleh Sharp di seri Aquos Crystal atau Xiaomi di seri Mi MIX.

Untuk mengisi daya, absennya port sebagai "pintu masuk" kabel USB digantikan wireless charging daya 18W. Sementara untuk transfer data, memanfaatkan jaringan Wi-Fi atau seluler.


Spesifikasi Meizu Zero

Mengutip GSM Arena, Meizu Zero mengusung layar 5,99 inci full HD+ tipe AMOLED. Sayangnya, tak dilengkapi proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya. Sektor perangkat lunak, sudah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie dengan antarmuka FlymeOS kaya fitur.

Selain mengunggulkan sektor desain, Meizu Zero juga menawarkan performa gegas berkat chipset Snapdragon 845 octa-core kecepatan 2,8GHz, yang dipadukan RAM 4GB atau 6GB. Kemampuan untuk memainkan game tak perlu diragukan lagi berkat kartu grafis Adreno 630.

Kemampuan fotografi Meizu Zero tak bisa dipandang sebelah mata berkat dukungan kamera belakang ganda. Pertama, berkekuatan 12MP dengan sensor Sony IMX380 1/2.3 inci 1.55um piksel yang ditandemkan lensa aperture f/1.8 dan fitur PDAF serta LED flash. Sementara kamera kedua, berkekuatan 20MP dengan sensor Sony IMX350.

Untuk memuaskan hasrat selfie pengguna, kamera depan Meizu Zero tersemat resolusi 20MP yang ditandemkan lensa bukaan f/2.0 dengan fitur AI. Baik kamera depan maupun belakang Meizu Zero sudah dilengkapi fitur portrait atau bokeh.

Meizu Zero tersedia dalam dua varian media penyimpanan, yakni 64GB dan 128GB, tanpa kehadiran slot microSD. Namun, tak disebutkan kapasitas baterai smartphone ini.

Meizu merupakan salah satu pabrikan smartphone Cina yang juga memasarkan produknya di Indonesia, seperti Meizu C9, Meizu M6T, atau Meizu M5 Note.

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut apakah Meizu Zero bakal tersedia di pasar global termasuk diboyong ke Indonesia atau tidak, juga harga yang ditawarkan.


Baca juga artikel terkait MEIZU ZERO atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi