Megawati Minta Kader PDIP Aktif Terlibat dalam Mitigasi Bencana

Oleh: Felix Nathaniel - 11 Januari 2019
Megawati mengingatkan kader PDIP soal pentingnya melakukan mitigasi bencana di semua daerah.
tirto.id - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta kader partainya ikut aktif terlibat melakukan mitigasi bencana.

Dia menyatakan hal itu dalam penutupan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PDIP di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta pada Jumat (11/1/2019).

Megawati mengingatkan pentingnya mitigasi bencana di semua daerah karena wilayah Indonesia berada di daerah ring of fire atau cincin api.

Oleh sebab itu, Megawati mewanti-wanti agar kader PDIP ikut melakukan mitigasi bencana. Dia ingin agar kader PDIP memahami betul bagaimana mendeteksi kawasan rawan bencana dan mekanisme penyelamatan penduduk ketika bahaya muncul.

“Tentu nanti ada ketentuannya bagaimana cara-cara untuk menyelamatkan warga yang daerahnya mengalami bencana, bukan setelah bencana terjadi, tapi ketika early warning system-nya itu sudah diberikan,” ucap presiden RI kelima tersebut.

Putri Presiden Sukarno ini juga mengimbau kepada para kepala daerah agar bekerja sama dengan lembaga pemerintah yang selama ini menangani persoalan bencana dalam melakukan mitigasi.

Megawati mengaku sudah menyampaikan secara langsung kepada putrinya yang juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengenai pentingnya mitigasi bencana.

“Gubernur yang hadir atau yang nanti belum hadir saya sudah menitipkan harus lakukan kerja sama dengan BMKG untuk mengetahui wilayah-wilayah yang memang telah dicirikan mungkin mengalami sebuah gerakan, seperti [di wilayah] Pak Ganjar [Pranowo] itu ada sesar Semarang,” kata dia.

Monggo [silakan] diamati titik-titik merahnya yang berbahaya dan bagaimana upaya untuk mengurangi korban yang ada,” dia menambahkan.

Tahun lalu, sejumlah kawasan di Indonesia terdampak parah akibat bencana alam. Tiga bencana besar yang terjadi pada tahun 2018 ialah gempa di Lombok, Gempa dan tsunami di Palu serta yang belum lama ini terjadi, tsunami di Selat Sunda.


Baca juga artikel terkait MITIGASI BENCANA atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Addi M Idhom