Mbah Moen Meninggal, BTP, Susi, Hingga Anies Ucapkan Belasungkawa

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 6 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
BTP, Susi Pudjiasuti, Ridwan Kamil, hingga Khofifah turut mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Mbah Maimun.
tirto.id - Sejumlah tokoh mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya ulama karismatik KH Maimun Zubair atau akrab disapa Mbah Moen. Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) menyampaikan belasungkawa melalui akun Twitter resmi @basuki_btp.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya KH. Maimun Zubair atau lebih dikenal sebagai Mbah Moen di Mekah hari ini. Sungguh kehilangan yang sangat besar bagi bangsa Indonesia," tulis BTP pada Selasa (6/8/2019) pukul 11.22 WIB.

Selain BTP, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menyampaikan ucapan dukacita lewat Twitter pada hari ini, sekitar pukul 10.56 WIB. Ridwan Kamil mengunggah ucapan belasungkawa disertai foto-fotonya bersama Mbah Moen.

"Innalillahi wainnailaihi raji’un. Duka cita teramat dalam atas berpulangnya Ulama besar Indonesia, guru tercinta kita semua, KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen di Makkah. Semoga Allah SWT tempatkan beliau di tempat terbaik di sisiNYA. Dan semoga Husnul Khotimah. Aamiin," cuit RK.

Ucapan belasungkawa juga datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada Selasa pukul 09.45 WIB. "Innalillahi wa innailaihi rajiuun. Indonesia kehilangan tokoh besar dan pemersatu bangsa," tulis Susi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga ikut menyampaikan dukacita lewat Twitter. Anies mengatakan, ia sungguh kehilangan sosok Mbah Moen.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Tertegun. Mbah Moen pulang. Yang Maha Penyayang memanggilnya pulang di Tanah Suci, jauh dari tanah lahir, dekat dengan jannah-Nya. Sungguh kehilangan besar bagi kita. Lahul fatihah. #ABW."

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa turut mengungkapkan dukacita atas meninggalnya Mbah Moen, melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto, Selasa.

"Mewakili Pemerintah Provinsi dan seluruh masyarakat Jawa Timur, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya ke Rahmatullah, KH Maimoen Zubair pada usia 90 tahun," ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi.

Mantan Menteri Sosial itu kemudian mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan Mbah Moen. Ia juga mendoakan agar keluarga Mbah Moen yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan dan kesabaran.

Menurut Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani, Mbah Moen Mbah Moen meninggal di Makkah, Arab Saudi pada Selasa (6/8/2019) pagi.

"Betul, saya juga diberitahu demikian dari Makkah," ujar Arsul kepada reporter Tirto, Selasa (6/8/2019).

Arsul menambahkan ia diberitahu oleh putera Mbah Moen yang juga Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.

"[Saya] dikonfirmasi Gus Yasin, Wagub Jateng, putera beliau," jelas Arsul.

Ketua Majelis Syariah PPP itu menurut Arsul wafat pada pagi hari tadi. Mbah Moen wafat pada usia 90 tahun.


Baca juga artikel terkait KH MAIMOEN ZUBAIR atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight