Masyarakat Maluku, NTB & NTT Diminta Waspada Potensi Siklon Tropis

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 22 Des 2021 21:07 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Masyarakat dan Pemda di Maluku, NTB, NTT diminta waspadai potensi longsor dan banjir bandang/aliran bahan rombakan pada 22 - 26 Desember 2021.
tirto.id - Masyarakat di tiga wilayah yakni Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta untuk mewaspadai potensi terjadinya longsor dan banjir bandang/ aliran bahan rombakan.

Imbauan dikeluarkan Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sehubungan dengan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengenai Suspect Area Potensi Siklon Tropis Di Laut Timor Tanggal 22 - 26 Desember 2021.


"Pada hari ini, Rabu Tanggal 22 Desember 2021, BMKG mengindikasikan terkait Suspect Area Potensi Siklon Tropis Di Laut Timor Tanggal 22 - 26 Desember 2021. Berkaitan dengan informasi tersebut Badan Geologi, Kementerian ESDM mengimbau kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah di Maluku, NTB dan NTT untuk mewaspadai potensi terjadinya longsor dan banjir bandang/aliran bahan rombakan," ujar Kepala PVMBG Andiani.

Terkait dengan potensi cuaca ekstrem di wilayah tersebut PVMBG juga mengimbau agar masyarakat yang tinggal di lembah sungai, bantaran sungai, alur sungai, serta masyarakat yang tinggal pada dan di bawah tebing agar meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana tanah longsor, banjir bandang dan aliran bahan rombakan.

"Masyarakat yang tinggal di zona kerentanan gerakan tanah menengah - tinggi agar waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi gerakan tanah dan banjir bandang. Jika hujan deras dan berlangsung lama, masyarakat yang tinggal di daerah rentan longsor dan banjir bandang harus waspada dan mengungsi ketempat yang lebih aman," lanjut Andiani.

Selain itu, Andiani juga meminta masyarakat agar masyarakat tidak terpengaruh oleh berita-berita yang tidak bertanggungjawab dan berita hoaks terkait kebencanaan dan mengikuti arahan dari Instansi yang berwenang yakni Badan Geologi, BMKG dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian/Lembaga, Pemerintah daerah, dan instansi terkait lainnya.

"Sumber informasi resmi terkait potensi bencana gerakan tanah/longsor dan banjir bandang dapat diperoleh melalui aplikasi/Website resmi kementerian/Lembaga yang mempunyai tupoksi kebencanaan seperti MAGMA Indonesia (www.vsi.esdm.go.id atau magma.esdm.go.id), dan media sosial PVMBG (Facebook, Twitter, dan Instagram pvmbg); InfoBMKG: bmkg.go.id, media sosial BMKG ((Facebook, Twitter, dan Instagram bmkg); inarisk.bnpb.go.id," tutup Andiani.



Baca juga artikel terkait SIKLON TROPIS atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Abdul Aziz

DarkLight