Selain kalangan pejabat, masyarakat umum juga terlihat berdatangan ke rumah duka Ani Yudhoyono di Puri Cikeas Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor Jawa Barat, Minggu (2/6/2019).

Dilansir dari Antara, jika para pejabat hadir menggunakan mobil bahkan mendapatkan pengawalan dari polisi, tak sedikit masyarakat yang hadir dengan berjalan kaki menuju tempat persemayaman jenazah Ani Yudhoyono.

Hingga pukul 08.30 WIB, masyarakat yang datang ke rumah duka diperkenankan masuk lewat pintu utama rumah duka, dengan diperiksa terlebih dahulu menggunakan metal detector.

Chief Communication Officer The Yudhoyono Institute, Ni Luh Putu Caosa Indryani mengatakan, mulai pukul 08.00 WIB jenazah disemayamkan di Pendopo Cikeas, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan pada masyarakat yang ingin memberikan penghormatan terakhir.

Menurutnya, akan ada dua kali upacara menjelang pemakaman jenazah Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta sore nanti.

"Upacara persemayaman jenazah Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono di Pendopo Cikeas, kemudian upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMP) Kalibata Jakarta," kata Ni Luh dalam keterangan tertulisnya.

Upacara persemayaman dijadwalkan berlangsung setelah Salat Zuhur berjamaah dan shalat jenazah di Pendopo Cikeas dengan inspektur upacara Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Setelah upacara persemayaman, jenazah akan diberangkatkan menuju Taman Makam Pahlawan Kalibata dengan rute perjalanan Kediaman Puri Cikeas-Jalan Alternatif Trans Yogi Cibubur-Masuk Pintu Gerbang Tol Cibubur arah Jakarta-Jalan Tol Jagorawi-Cawang-Tol Dalam Kota-Keluar Pintu Tol Pasar Minggu Pancoran-Jalan Raya Pasar Minggu-Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Pada pukul 15.00 WIB akan dilaksanakan Upacara pemakaman jenazah Ani Yudhoyono di TMP Kalibata dengan inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo.