Masa Kecil Dolores O'Riordan dari Tunawisma Hingga Korban Pelecehan

Oleh: Yantina Debora - 16 Januari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dolores O'Riordan menjadi tunawisma saat berusia tujuh tahun dan di usianya yang kedelapan tahun ia menjadi korban pelecehan seksual.
tirto.id - Sejak berusia lima tahun Dolores O'Riordan sudah pandai memukau orang dengan suaranya. Saat berusia 12 tahun, Dolores menulis lagu pertamanya, "Calling". Di balik kepandaian O'Riordan itu, ada sederetan kisah pilu yang harus ia hadapi saat kecil.

Pada usia 7 tahun, keluarga Dolores sempat jadi tunawisma karena kakak perempuannya tak sengaja membakar tempat tinggal mereka. Keluarga O'Riordan tak punya rumah untuk beberapa waktu. Benar-benar masa kecil yang keras.

Dalam wawancara dengan Rolling Stone 1995 silam, Dolores menyanjung ibunya. Sang ayah tak bisa bekerja karena cedera, dan ibunya yang membanting tulang menghidupi keluarga. Ibunya juga tidak membolehkan O'Riordan untuk mengenakan riasan wajah.

"Sekarang, ketika dikenang, hal itu berpengaruh baik untukku. Bikin aku tidak dewasa terlalu cepat," ujarnya.

Sebagai anak bungsu dari tujuh bersaudara — lima lelaki dan dua perempuan — O'Riordan dan kakak perempuannya harus berjuang untuk mendapat perhatian ayah dan ibunya yang, dalam kultur Irlandia, lebih mengutamakan anak lelaki.

"Dan aku selalu menyanyi untuk mendapatkan perhatian. Selalu," ujar O'Riordan.


Masa kecil O'Riordan kian berat setelah dalam sebuah wawancara, ia mengungkapkan bahwa telah menjadi koban pelecehan seksual selama empat tahun. Tepatnya saat ia berusia delapan tahun hingga berusia 12 tahun.

O'Riordan mengungkapkan pelecehan seksual mengakibatkan dia menjadi anoreksia karena ia terlalu membenci dirinya atas pelecehan yang terjadi padanya.

“Anda pikir itu salah Anda sendiri. Aku menguburnya. Itulah yang Anda lakukan pada awalnya. Anda menguburnya karena Anda malu karenanya. Anda berpikir: 'Ya Tuhan. Betapa mengerikan dan menjijikkan aku',” ujar O'Riordan.

Namun keadaan itu mulai berbalik dengan fokusnya O'Riordan dalam dunia musik. Ia memilih untuk mengikuti audisi vokalis grup The Cranberry Saw Us yang lantas berubah nama jadi The Cranberries.

Setelah menjadi bagian The Cranberries, O'Riordan yang lahir pada 6 Desember 1971 di Ballybricken, Limerick, Irlandia sukses ke panggung internasional pada tahun 1993 dengan album debut berjudul “Everyone Else is Doing it, So Why Can not We?”.

Baca juga artikel terkait KEMATIAN MUSISI atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Musik)

Reporter: Yantina Debora
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight