Marvel Umumkan Karakter Captain America Gay Pertama

Oleh: Shanti Dwi Jayanti - 22 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Marvel Comics mengumumkan karakter Captain America gay untuk pertama kalinya.
tirto.id - Karakter Captain America baru telah diumumkan oleh Marvel Comics. Menariknya, karakter ini akan menjadi karakter Captain America LGBTQ pertama kalinya.

Karakter baru, yakni Aaron Fischer dideskripsikan sebagai "the Captain America of the Railways", remaja yang tanpa gentar melindungi mereka yang dalam pelarian dan tidak memiliki rumah.

Aaron akan hadir dalam komik serial terbatas berjudul The United States of Captain America. Aaron dikatakan terinspirasi oleh pahlawan di komunitas queer: aktivis, pemimpin dan rekan-rekannya yang berjuang untuk hidup yang lebih baik.

Dilansir Hollywood Reporter, dalam serial tersebut dikisahkan, Steve Rogers (Captain Amerika asli) dan karakter lainnya termasuk Sam Wilson dan Bucky Barnes pergi menjelajah Amerika untuk menemukan perisainya yang dicuri.

Di perjalanan, mereka bertemu dengan orang-orang biasa yang memerankan Captain Amerika guna melindungi komunitas mereka, salah satunya Aaron. Aaron juga dijelaskan mewakili kaum yang terlupakan.

Serial ini ditulis oleh Christopher Cantwell dan ilustrasi oleh Dale Eaglesha. Adapun di keluaran pertama dari total sebanyak 5 seri, Aaron akan dikenalkan oleh penulis Joshua Trujillo dan seniman Jan Bazaldua.

"Aaron berdiri untuk mereka yang ditekan dan dilupakan. Saya berharap cerita debut ini membantu menginspirasi generasi berikutnya untuk menjadi pahlawan," ujar Trujillo.

Bazaldua menambahkan," saya sangat menikmati proses mendesain Aaron, dan sebagai orang transgender, saya senang mempersembahkan sosok gay terbuka yang mengagumi Captain America dan berjuang melawan penjahat untuk membantu mereka yang hampir tidak terlihat di masyarakat".

Menurut laporan Rolling Stone, Marvel tidak merilis karakter gay pertama hingga tahun 1992 lewat kemunculan Northstar. Semenjak itu, karakter-karakter LGBTQ+ lainnya muncul di komik. Adapun komik The Unites States of Captain Amerika akan tersedia pada 2 Juni mendatang yang juga menjadi bulan Pride Month.



Baca juga artikel terkait CAPTAIN AMERICA atau tulisan menarik lainnya Shanti Dwi Jayanti
(tirto.id - Film)

Kontributor: Shanti Dwi Jayanti
Penulis: Shanti Dwi Jayanti
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight