Ma'ruf Amin Ucapkan Selamat Saat Bertemu Perdana Menteri Malaysia

Oleh: Lalu Rahadian - 8 September 2018
Ma'ruf memberikan selamat kepada Mahathir dan berharap hubungan Malaysia-Indonesia terus membaik.
tirto.id - Bakal Calon Wakil Presiden Indonesia pada Pilpres 2019, Ma’ruf Amin bertemu Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad, Sabtu (9/8/2018). Pertemuan Ma'ruf dan Mahathir berlangsung di kediaman pribadi sang PM Malaysia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto, Ma'ruf menyampaikan ucapan selamat untuk Mahathir di pertemuan itu. Ma'ruf juga menyebut keyakinan akan semakin membaiknya hubungan Indonesia dan Malaysia sejak terpilihnya Mahathir menjadi Perdana Menteri baru pada Mei lalu.

"Hal ini sudah dibuktikan oleh pilihan Mahathir yang menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjungi setelah pelantikannya," tulis keterangan yang diterima Tirto.

Mahathir Mohamad terpilih menjadi perdana menteri usai mengalahkan Najib Razak dalam pemilihan umum yang digelar Rabu (9/5/2018). Mantan perdana menteri Malaysia periode 1981-2003 itu mengakhiri kekuasaan koalisi yang telah bertahta selama enam dekade.


Dalam pertemuannya dengan Mahathir, Ma'ruf juga disebut membahas isu-isu politik, ekonomi, dan sosial. Selain itu, Ma'ruf meminta agar Malaysia tidak memandang berbeda para Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di sana.

"Kami berharap agar para WNI yang beraktivitas di Malaysia dipandang tidak hanya sebagai warga negara yang serumpun dan mitra kerja. Namun lebih jauh dari itu hendaknya dilihat sebagai saudara sehingga kendala dan pelbagai permasalahan yang kemungkinan muncul dapat terselesaikan secara kekeluargaan dan persaudaraan," kata Ma'ruf.

Sebelumnya, pada akhir Juni lalu Mahathir sudah sempat berkunjung ke Indonesia sejak kemenangannya dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo. Sebagaimana Ma'ruf, saat itu, Jokowi menyatakan sebuah kehormatan bagi Indonesia karena merupakan negara pertama di ASEAN yang dikunjungi Mahathir setelah kembali menjabat sebagai Perdana Menteri.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Politik)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan