Ma'ruf Amin Kenang Tjahjo Kumolo: Sosok yang Rajin Bekerja

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 1 Jul 2022 17:33 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Wapres Ma'ruf Amin mengenang momen Tjahjo Kumolo yang masih membahas pekerjaannya meski sudah dalam keadaan sakit.
tirto.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi imam salat jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo di Masjid Quba, Kantor Kementerian PAN-RB pada Jumat (1/7/2022).

Seusai menunaikan salat jenazah, Wapres Ma'ruf Amin mengisahkan bahwa dirinya mengenang Tjahjo sebagai sosok yang rajin dalam bekerja.

"Bahkan di saat sakit sempat mengadakan rapat membahas mengenai pekerjaan," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Wapres Ma'ruf Amin mengenang momen Tjahjo Kumolo yang masih membahas pekerjaannya, salah satunya keinginannya untuk terus mewujudkan Mal Pelayanan Publik (MPP) di berbagai daerah. Padahal, saat itu mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah terbaring di rumah sakit.

"Saat itu sedang membahas mengenai mal pelayanan publik bersama sejumlah instansi dan kementerian di dalam kabinet," terangnya.

Wapres Ma'ruf Amin juga selalu menerima buku catatan dari Tjahjo saat rapat. Buku catatan tersebut berisi laporan-laporan pekerjaan yang sudah dilakukan Tjahjo. Tak hanya ke dirinya, laporan-laporan tersebut juga selalu diberikan kepada Presiden Joko Widodo.

"Beliau selalu memberi buku saya laporan-laporanya, bentuk buku, rajin sekali. Setiap sidang kabinet ada buku beri ke saya, ke Pak Jokowi. Jadi reportnya dibuat dalam bentuk buku," ungkap Ma'ruf Amin.

Kedatangan Jenazah Tjahjo Kumolo
Jenazah Tjahjo Kumolo tiba di rumah duka di kompleks Widya Candra, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). (FOTO/Humas KemenPAN-RB)







Baca juga artikel terkait TJAHJO KUMOLO MENINGGAL atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight