Markas FPI Lengang Saat Sidang Ahok

Oleh: Andrian Pratama Taher - 13 Desember 2016
Dibaca Normal 1 menit
Markas FPI di Petamburan terlihat lengang saat sidang dugaan perdana penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berlangsung, di Pengadilan Jakarta Utara.
tirto.id - Markas Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan III No. 17 Tanah Abang, Jakarta Pusat terlihat lengang saat sidang dugaan perdana penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berlangsung, di Pengadilan Jakarta Utara, Selasa (13/12/2016).

Dalam pengamatan tirto.id di lapangan, tidak hanya markas FPI, namun sepanjang Jalan Petamburan III juga terlihat lengang. Salah seorang warga mengatakan, massa FPI sudah berangkat sejak pagi untuk menghadiri sidang gubernur DKI nonaktif tersebut.

"Dari pagi," ujar pria yang enggan menyebutkan namanya itu kepada tirto.id, Selasa (13/12/2016).

Pria yang mengenakan baju merah saat ditemui itu membenarkan jumlah laskar yang datang cukup banyak. Namun, ia enggan merinci seberapa banyak massa yang ikut dalam aksi mengamankan sidang Ahok. Akan tetapi, ia membenarkan bahwa massa berangkat sejak Subuh tadi.

Salah satu ibu penjual makanan (47) menuturkan lingkungan FPI masih ada orang hingga pukul 04.00 WIB. "Jam 4 masih ada yang beli Indomi," ujar ibu yang enggan menyebutkan namanya.

Menurut ibu yang mengaku dua anak itu, sejumlah anggota FPI memang masih terlihat di markas. Mereka yang berada di markas umumnya adalah para anggota FPI yang bertugas jaga malam. Perempuan berkerudung ini tidak mengetahui detil tentang keberangkatan massa karena dia tutup sekitar pukul 06.00 WIB.

Ajun Inspektur Polisi Satu Supriyadi (55), Binmas Polsek Kel. Tanah Abang, Jakarta mengatakan tidak banyak yang berangkat dari markas FPI. Ia mengaku jumlah massa tidak mencapai ratusan.

"Di sini paling cuma 5 orang tadi jalan," kata Supriyadi saat berbincang dengan Tirto.

Supriyadi mengatakan ia berjaga sejak Senin (12/12/2016) malam. Pria yang akan pensiun 3 tahun lagi menerangkan, keadaan aman sejak ia memantau dari pukul 01.00 WIB hingga pagi. Supriyadi menuturkan, massa tidak berkumpul di markas FPI. Mereka berkumpul di dekat Pengadilan Negeri Jakarta Utara sehingga massa tidak berada di Petamburan.

Dalam pantauan mata tirto.id pada pukul 10.00 WIB, markas Front Pembela Islam (FPI) terlihat kosong. Tidak ada satu pun laskar maupun warga yang beraktivitas di markas dengan ukuran 30m2 itu. Motor-motor yang biasa terparkir di depan markas pun kosong. Semua anggota berangkat menuju persidangan dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Sejumlah warga Petamburan terlihat lalu lalang di depan markas FPI. Ada sejumlah tenda terpasang di depan markas yang terletak di Jalan Petamburan III, Jakarta. Tenda ini sebelumnya digunakan untuk perayaan maulid di Jalan Petamburan III, Kel. Tanah Abang oleh FPI. Di bagian depan Jalan tertulis spanduk "Kita Semua Bersama Kecuali Penista Agama". Selain itu, terlihat pula anggota kepolisian memantau situasi di depan Jalan Petamburan III, Petamburan, Jakarta.

Kelengangan juga terjadi di jalan menuju rumah Habib Rizieq. Gang menuju rumah Habib terlihat kosong. Hanya beberapa warga yang terlihat lalu lalang di gang rumah Habib.

Baca juga artikel terkait SIDANG AHOK atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz