Marina Gelar Talkshow #SEMAKINBERSINAR Bahas Soal Era Digital

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 30 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Marina menggelar konferensi dan talkshow yang membahas soal perkembangan era digital dan penggunaan media sosial di kalangan remaja.
tirto.id - Salah satu brand produk kecantikan, Marina, baru saja menggelar Talkshow dan Press Conference Marina Beauty Journey 2019, dengan tema “#SEMAKINBERSINAR Bersama Hadapi Tantangan di Era Digital.”

Acara tersebut digelar pada hari ini, Selasa (30/2019), di Mall FX Sudirman, Jakarta Pusat.


Psikolog Vera Itabiliana yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, di era digital ini, media sosial bisa menjadi platform yang baik jika digunakan secara tepat.

Tetapi jika kita terlalu berlebihan menggunakannya akan memengaruhi produktivitas dan kesehatan mental.

"Kesehatan mental di sini dapat diinterpretasikan bahwa usia muda memiliki tendensi untuk melakukan yang dinamakan pembandingan sosial, pembandingan sosial ini adalah mereka akan cenderung melihat orang lain lebih dari dirinya sehingga menyebabkan timbulnya rasa tidak percaya diri," katanya dalam rilis yang diterima Tirto, Selasa (30/7/2019).

Acara tersebut juga dihadiri oleh narasumber Aulia Halimatussadiah yang akrab dipanggil dengan Llia, seorang penulis dan pengusaha Co-Founder & CMO Storial.co.

Aulia mengatakan bahwa, “Saya peka terhadap perkembangan media sosial dan digital saat ini, apalagi saya bekerja di dunia teknologi."

Ia menambahkan, "Sebagai seorang perempuan yang berkonsentrasi dalam pemberdayaan perempuan dan teknologi, saya sepenuhnya menyadari bahwa banyak tantangan hidup di era keterbukaan informasi ini berdampak pada kita secara positif atau negatif."

Menurutnya, tantangan terbesar yang paling nyata di era digital ini adalah distraksi oleh teknologi, banyak pesan atau email yang harus kita balas, notifikasi dari banyak aplikasi yang kita install, semua merebut perhatian kita.

"Kalau tidak hati-hati, ini akan membuat kita tidak produktif. Saya menyiasati tantangan ini dengan mengatur waktu dalam menggunakan teknologi," katanya.

Selaras dengan apa yang dikatakan oleh Vera Itabiliana dan Llia, Marina melakukan survei yang melibatkan lebih dari 1.000 responden perempuan muda Indonesia mengenai penggunaan media sosial, dan produktivitas.

Ditemukan bahwa 100 persen responden merupakan pengguna media sosial. Menariknya, saat ditanya apakah penggunaan media sosial membuat mereka tidak produktif, 82 persen responden setuju akan hal ini.

Selain itu, 58 persen responden lebih memilih untuk menghabiskan waktu luangnya untuk mengakses media sosial daripada bersosialisasi secara langsung.

Survei ini juga menunjukkan tingkat ketertarikan dan realita dari minat perempuan muda Indonesia untuk bergabung dengan komunitas.

Masih dari responden yang sama, sebanyak 43 persen belum bergabung dengan komunitas apapun, dengan alasan kesibukan dan masih bingung menentukan jenis komunitas yang sesuai dengan passion mereka.

Uniknya, 95 persen dari seluruh responden tertarik bergabung pada sebuah komunitas perempuan yang melakukan berbagai kegiatan positif dan dapat menjadi wadah mereka memaksimalkan potensi diri.

Mawar de Jongh, di usianya yang masih muda yang juga merupakan Brand Ambassador Marina adalah salah satu representasi perempuan muda yang produktif.

Mawar mengatakan, “Tidak bisa dihindari zaman sekarang, kita sangat dekat dengan gadget dan media sosial. Aku sendiri pun, ketika misalnya break shooting atau istirahat sekolah, pasti main handphone dan buka media sosial. Tapi penggunaannya masih tahap wajar."

Senior Manager Brand Investment & Consumer Engagement Marina, Elfia Rahma atau akrab dipanggil Fia menambahkan, “Memang kita tidak dapat memungkiri perkembangan zaman dan teknologi, namun kita harus tanggap dalam menghadapinya. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa memang dunia offline dan online bukan pilihan, melainkan kedua hal yang sebaiknya bisa saling mengkomplemen satu dan lainnya."

Oleh sebab itu, Marina melalui program youth women empowerment tahunan yakni Marina Beauty Journey 2019 #SemakinBersinar, mengajak perempuan muda bergabung melalui platform pendaftaran online dan mereka berkesempatan mengikuti rangkaian program offline sehingga terintegrasi secara online dan offline.

Marina selalu berkomitmen untuk menjawab permasalahan perempuan Indonesia dan menghadirkan solusi salah satunya melalui rangkaian program ini, terbukti Marina Beauty Journey sudah memasuki tahun ke-9.

Baca juga artikel terkait TALKSHOW MARINA atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Marketing)

Sumber: pers rilis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight