Mariah Carey Angkat Bicara Soal Insiden Lip-Sync

Oleh: Yuliana Ratnasari - 9 Januari 2017
Dibaca Normal 1 menit
Kesalahan lip-sync pada pertunjukan di Malam Tahun Baru memalukan bagi Mariah Carey. Ia berdalih penampilannya telah disabotase.
tirto.id - Mariah Carey mengeluarkan pembelaan terkait insiden di New York City pada Malam Tahun Baru. Ia menyatakan, dirinya dimasukkan ke dalam tim produksi dengan kendala teknis yang memilih untuk memanfaatkan keadaan di luar kendalinya.

"Dengar, teman-teman," katanya dalam sebuah file audio yang diposting ke Twitter. "Mereka mengagalkan saya ... insiden itu berubah menjadi sebuah kesempatan untuk mempermalukan saya."

Dick Clark Productions, yang memproduksi acara untuk ABC, pada awal pekan ini mengatakan bahwa alasan buruknya performa Carey yang mungkin telah disabotase dengan rusaknya lubang suara, tak masuk akal.

Sebelumnya, dalam pernyataannya, Carey mengatakan ear monitor-nya tidak bekerja sama sekali.

Penyanyi 47 tahun ini tampil di Times Square sebagai bagian dari “Dick Clark's New Year's Rockin Eve with Ryan Seacrest”. Mengalami kesulitan teknis setelah pembukaan yang prima, ia berhenti mendadak sementara vokal pra-rekaman terus bermain.

"Biarkan penonton bernyanyi," katanya. "Saya mencoba berbuat baik di sini."

Tanggapan pertama Carey setelah konser itu lebih bernas dari pernyataannya pada Minggu (8/1/2017). Awal Tahun Baru, Carey menuliskan ke Twitter-nya sebuah gif yang hanya berkata: "Kesialan terjadi."

Situs berita selebritis TMZ kemudian melaporkan bahwa seorang sumber di tim Mariah Carey percaya perusahaan produksi mungkin menyabotase penampilan Carey dengan memberinya lubang suara yang rusak.

Menanggapi hal itu, Dick Clark Productions mengeluarkan pernyataan. "Menuduh bahwa produser acara musik termasuk penghargaan musik Amerika, penghargaan musik Billboard, New Year's Rockin Eve, dan penghargaan Akademi Musik Country sengaja membahayakan keberhasilan setiap artis adalah fitnah, keterlaluan, dan terus terang tidak masuk akal."

Sebagaimana dikutip The Guardian, pernyataan itu menambahkan, "Kami ingin menjadi jelas bahwa kami memiliki hormat untuk Mariah Carey sebagai artis dan mengakui prestasi luar biasanya di industri."

Sementara itu, Carey mengatakan: "Saya belum benar-benar menangani situasi yang terjadi pada Malam Tahun Baru dan dalam waktu dekat saya akan mengatasinya. Tetapi untuk sekarang saya ingin semua orang tahu saya datang ke New York dalam semangat yang besar dan berharap merayakan momen itu.”

"Memalukan bahwa kami menempatkan situasi ke tim produksi dengan masalah teknis yang memilih untuk memanfaatkan keadaan di luar kendali kita," ujar Carey

Di tengah kehebohan media sosial yang digerakkan setelah penampilan Tahun Baru, beberapa pengamat menyatakan terkejut bahwa Carey telah lip-sync.

"Tidak praktis bagi penyanyi untuk bernyanyi langsung dan bisa mendengar suaranya sendiri dengan benar di tengah-tengah Times Square," kata Carey pada hari Minggu, "dengan semua kebisingan, dingin, mesin uap, dan ribuan orang yang merayakan; terutama ketika ear monitor tidak bekerja sama sekali.

Setelah insiden tersebut, Carey mengaku dirinya akan jeda dari media sosial sementara ia akan memenuhi kewajiban profesionalnya. “Ini adalah waktu yang penting bagi saya untuk akhirnya mengambil waktu buat diri sendiri dan untuk bersama orang yang saya cintai serta mempersiapkan diri untuk tur mendatang saya pada bulan Maret,” ujarnya.

Baca juga artikel terkait LIP SYNC atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Musik)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari