Mardani: Rekonsiliasi Tak Selesai Cuma dengan Pertemuan Elite

Oleh: Mufti Sholih - 27 Juli 2019
Sorotan tajam pada pertemuan itu tak diarahkan pokok masalah melainkan glorifikasi simbol-simbol.
tirto.id - Mardani Ali Sera, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai rekonsiliasi pascapilpres 2o19, tak bakal selesai hanya dengan pertemuan antara elite. Rekonsiliasi butuh edukasi soal pentingnya oposisi dalam sebuah sistem demokrasi yang sehat.

Pernyataan ini dilontarkan Mardani menanggapi sejumlah pertemuan yang dilakukan Prabowo Subianto, bekas Capres 2019 yang didukung PKS, dengan Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri.

"Rekonsiliasi selesai dengan edukasi publik, dan edukasi publik selesai ketika ada yang berani menyatakan 'kami oposisi'," ujar Mardani dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2019).

Mardani mengaku tak mempersoalkan Prabowo bertemu Jokowi ataupun Megawati. Hanya baginya, sorotan tajam pada pertemuan itu tak diarahkan pokok masalah melainkan glorifikasi simbol-simbol.

"Kalau sekarang ada pertemuan mau nasi goreng, sop buntut atau apa, janganlah digede-gedein, publik itu sudah cerdas, kok, enggak perlu lagi berbagai macam metafora," kata Mardani.

Ketimbang membesar-besarkan simbol, kata Mardani, PKS lebih memilih menggaungkan konsistensi sikap menjadi oposisi pada pemerintahan Jokowi periode kedua nanti.

"Cukup menyatakan Pak Jokowi monggo sebagai pemenang, dan kami akan menjadi oposisi yang kritis konstruktif, itu sehat," jelas Mardani.


Baca juga artikel terkait PERTEMUAN PRABOWO DAN MEGAWATI atau tulisan menarik lainnya Mufti Sholih
(tirto.id - Politik)

Penulis: Mufti Sholih
Editor: Mufti Sholih
DarkLight