Marcus/Kevin & Daftar Kandidat BWF Player of The Year Awards 2018

Oleh: Oryza Aditama - 7 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tercantum sebagai kandidat pemenang Male Player of The Year dalam BWF Player of The Year 2018.
tirto.id - 5 wakil Indonesia masuk sebagai nomine Badminton World Federation (BWF) Player of The Year Awards 2018. Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya/Marcus Gideon muncul sebagai kandidat pemenang Male Player of The Year. Sementara itu, Apriyani Rahayu, Gregoria Mariska Tunjung, Anthony Sinisuka Ginting, dan Leani Ratri Oktila masuk dalam kategori lain.

BWF baru saja merilis daftar atlet kandidat pemain terbaik BWF Player of The Year Awards tahun ini. Atlet-atlet tersebut masuk dalam enam kategori, yaitu Pemain Terbaik Putra, Pemain Terbaik Putri, Pemain Para-badminton Terbaik Putra, Pemain Para-badminton Terbaik Putri, Pemain Paling Berkembang, dan Pemain Paling Menjanjikan.

BWF Player of The Year Awards 2018 akan dikemas dalam konsep gala dinner di Guangzhou pada 10 Desember 2018. Gelaran tersebut secara tidak langsung juga akan menandai dibukanya kejuaraan BWF World Tour Finals 2018.

Masuknya Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo sebagai kandidat Pemain Terbaik Putra tidak mengherankan. Dikutip dari situs resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), pasangan ini mengoleksi 8 gelar BWF World Tour sepanjang tahun ini, yaitu Indonesia Masters, All England, India Open, Indonesia Open, Japan Open, Denmark Open, Fuzhou China Open, dan Hong Kong Open.

Sebagai catatan, pada BWF Player of Year Awads yang berlangsung di Dubai tahun 2017 lalu, Marcus/Kevin, berhasil memenangkan penghargaan Pemain Putra Terbaik. Dengan demikian, andai mereka menang, pasangan tersebut akan meraih gelar dalam dua tahun beruntun.

Sementara itu, Apriyani Rahayu dan Gregoria Mariska Tunjung akan bersaing satu sama lain untuk mendapatkan gelar Pemain Paling Menjanjikan. Selain mereka, ada pula He Jiting (Cina), Han Chengkai/Zhou Haodong (Cina), dan Goh Jin Wei (Malaysia) yang berpeluang mendapatkan gelar.

"Tahun lalu saya dinominasikan di kategori yang sama, tapi belum bisa menang. Semoga tahun ini bisa menang. Perasaannya masuk nominasi tentu senang karena ada yang mengapresiasi saya, semoga bisa menambah motivasi saya agar dapat prestasi lebih baik lagi," ungkap Apriyani.

Berikut daftar nominasi para pemain yang telah dirilis oleh BWF.

Pemain Terbaik Putra (Male Player of The Year)
Kento Momota (Jepang)
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia)
Zheng Siwei (Cina)

Pemain Terbaik Putri (Female Player of The Year)
Tai Tzu Ying (Taiwan)
Huang Yaqiong (Cina)
Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang)

Pemain Paling Menjanjikan (Most Promising Player of The Year)
Apriyani Rahayu (Indonesia)
He Jiting (Cina)
Han Chengkai/Zhou Haodong (Cina)
Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia)
Goh Jin Wei (Malaysia)

Pemain Para-badminton Putra Terbaik (Male Para-Badminton Player of The Year)
Lucas Mazur (Perancis)
Cheah Liek Hou (Malaysia)
Jack Shephard (Inggris)

Pemain Parabadminton Putri Terbaik (Female Para-Badminton Player of The Year)
Sujirat Pookkham (Thailand)
Yuma Yamazaki (Jepang)
Leani Ratri Oktila (Indonesia)

Pemain Paling Berkembang (Most Improved Player)
Seo Seong Jae (Korea Selatan)
Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang)
Satwiksairaj Rankireddy/Chiraj Shetty (India)
He Jiting (Cina)
Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)

Baca juga artikel terkait BWF WORLD TOUR 2018 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Oryza Aditama
Dari Sejawat
Infografik Instagram