Periksa Fakta

Manipulasi Foto Lady Gaga Dukung Trump dalam Pilpres AS 2024

Penulis: Fina Nailur Rohmah, tirto.id - 12 Jul 2023 06:00 WIB | Diperbarui 12 Okt 2023 19:09 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Foto Gaga di balik podium bertuliskan "Trump 2024" adalah hasil manipulasi. Narasi yang menyatakan Gaga mendukung Trump itu bersifat salah dan menyesatkan.
tirto.id - Tak hanya Indonesia, Amerika Serikat (AS) juga bakal menghelat Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 2024 mendatang. Nama Joe Biden—Presiden AS saat ini—dari Partai Demokrat dan mantan Presiden AS Donald Trump dari Partai Republik muncul sebagai kandidat pemimpin Gedung Putih itu.


Di tengah kampanye, mencuat klaim tentang Lady Gaga yang mendukung Trump dalam Pilpres AS tahun depan. Penyanyi dan aktris berkebangsaan AS itu dalam sebuah foto terlihat sedang berdiri di balik podium bertuliskan "TRUMP 2024".


Foto Periksa Fakta Foto Lady Gaga
Foto Periksa Fakta Foto Lady Gaga. foto/hot;ine periksa fakta tirto

Terdapat narasi dalam bahasa Inggris dalam unggahan itu, bila diterjemahkan menjadi "Saya dengan bangga menyatakan dukungan terhadap Donald J. Trump sebagai Presiden AS! AS tengah berjuang, dan kita butuh seseorang yang tahu apa yang mereka lakukan untuk menyokong kita".

Klaim ini disebarkan oleh akun Instagram @still_on_a_downward_spiral dan meloflopa pada 3 Juli 2023. Jika diamati, tangkapan layar yang beredar merupakan unggahan dari akun yang mengatasnamakan "Lady Gaga" di sebuah platform besutan Trump, Truth Social.

Per Rabu (12/7/2023), foto ini sudah disukai oleh 15.593 pengguna Instagram.

Lantas, bagaimana faktanya? Apa benar Gaga menyatakan dukungan terhadap Trump dalam Pilpres 2024?

Penelusuran Fakta

Tirto memanfaatkan alat telusur gambar TinEye untuk mencari tahu sumber foto Lady Gaga. Hasilnya, kami menemukan foto asli berasal dari artikel The Hollywood Reporter berjudul "Lady Gaga Pleads With America to ’Vote Like Your Life Depends on It’ at Biden Rally," yang yang terbit 3 November 2020.

Dalam foto aslinya, teks di podium Gaga bukan bertuliskan "TRUMP 2024", melainkan "Text United to 30330. BATTLE for the SOUL of the NATION. Biden-Harris". Dokumentasi tersebut tersedia di situs Getty Images, dijepret oleh Jim Watson untuk AFP.

Menurut keterangan, foto itu diambil pada 2 November 2020 kala Gaga berpidato di depan kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden dalam sebuah rapat umum di Heinz Field di Pittsburgh, Pennsylvania, AS.

Dengan demikian, dapat dikatakan foto Gaga yang tersebar di Instagram merupakan hasil manipulasi digital.


Klaim yang tersebar juga telah dinyatakan sebagai informasi yang salah oleh USA Today. Melansir lembaga pemeriksa fakta dari AS itu, Gaga disebut tak memiliki akun resmi di Truth Social. Nama pengguna @ladygaga yang ditampilkan dalam postingan memiliki kurang dari 25 pengikut dan tidak ada unggahan apapun per 5 Juli 2023.

Tirto juga tidak menjumpai sumber berita kredibel yang menyatakan bahwa Gaga memberi dukungan kepada Trump dalam Pilpres 2024.

Pada Pilpres 2020 lalu, Gaga lewat cuitan Twitter resminya telah menyatakan pilihan terhadap Joe Biden. Penyanyi itu pun membawakan lagu kebangsaan AS berjudul “The Star Spangled Banner” dalam upacara pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris pada Januari 2021.

Mengutip USA Today, Kamis (13/4/2023), Gaga masuk sebagai salah satu selebritas dalam jajaran Komite Presiden untuk Seni dan Kemanusiaan, berperan sebagai pemberi nasihat kepada Joe Biden tentang isu seputar kebudayaan.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran fakta yang dilakukan, foto Gaga di balik podium bertuliskan "Trump 2024" merupakan hasil manipulasi. Narasi yang menyatakan Gaga mendukung Trump itu bersifat salah dan menyesatkan (false and misleading).

Pada Pilpres AS 2020 lalu, Gaga lewat cuitan akun Twitter pribadinya telah menyatakan pilihan ke Joe Biden. Tirto pun tidak menemukan sumber berita kredibel yang menyatakan Gaga memberi dukungan kepada Trump untuk Pilpres 2024.

==
Bila pembaca memiliki saran, ide, tanggapan, maupun bantahan terhadap klaim Periksa Fakta dan Periksa Data, pembaca dapat mengirimkannya ke email factcheck@tirto.id.

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Fina Nailur Rohmah
(tirto.id - Politik)

Penulis: Fina Nailur Rohmah
Editor: Shanies Tri Pinasthi

DarkLight