Manfaat Mencatat Periode Menstruasi dan Daftar Aplikasi Pembantu

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 7 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh perempuan dengan mencatat siklus menstruasi. Saat ini, hal itu bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi.
tirto.id - Menstruasi merupakan proses luruhnya darah kotor yang menempel di dinding rahim akibat sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma. Adanya proses tersebut pun dapat menunjukkan kesuburan seorang wanita.

Di sisi lain, mencatat jadwal mestruasi bisa digunakan sebagai tanda kapan harus berhubungan seksual untuk segera mendapatkan momongan. Mencatat kapan periode menstruasi pun dapat digunakan sebagai alat bantu mengendalikan kehamilan.

Namun, ada juga manfaat lainnya. Misalnya, mengetahui siklus mestruasi yang normal untuk tubuh seorang perempuan.

"Memetakan siklus menstruasi sangat bermanfaat, lebih dari sekedar untuk metode pengendalian kehamilan alami,” ungkap Toni Weschler, MPH., penulis buku Taking Charge of Your Fertility dikutip dari Everyday Health.

"Mencatat periode menstruasi sangat baik untuk menilai masalah ginekologi dan memahami seksualitas tubuh," lanjutnya.

Siklus menstruasi bisa dihitung dari hari pertama 1 periode haid hingga hari pertama berikutnya, demikian dilansir Mayo Clinic. Pada umumnya, aliran menstruasi dapat terjadi setiap 21-35 hari dan berlangsung selama 2-7 hari.


Para perempuan umumnya akan memiliki siklus menstruasi yang memendek dan lebih teratur seiring bertambahnya usia. Di samping itu, perempuan akan mengalami siklus yang kembali tidak teratur dengan aliran darah yang deras atau ringan, perut nyeri atau tidak sama sekali, yang berlangsung panjang atau pendek. Ketika mendekati menopause, siklus menstruasi dapat tidak teratur lagi.

Untuk mengetahui periode menstruasi yang normal, mencatat siklus menstruasi di kalender bisa dilakukan. Caranya dengan menandai tanggal terakhir dan tanggal mulai menstruasi, berat aliran, rasa sakit, atau perubahan pada tubuh lainnya, termasuk perubahan suasana hati dan perilaku.

Selain itu, pencatatan periode menstruasi kini tidak perlu dilakukan secara manual. Anda dapat mengunduh beberapa aplikasi yang dapat membantu menandai siklus menstruasi.

Aplikasi-aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store di gawai berbasis Android, dan Apple Store pada ponsel iOS. Sebagaimana dilansir laman Very Well Family, berikut daftar sebagian di antara aplikasi-aplikasi tersebut.

Clue

Clue membantu pencatatan siklus menstruasi dengan mudah. Buka aplikasi tersebut, dan catatlah bagaimana perasaan, adanya bercak darah di celana, dan lain-lain saat menstruasi. Aplikasi Clue akan menganalisis informasi tersebut, dan memberi tahu kondisi kesehatan Anda. Tak hanya itu, Clue pun akan memberikan informasi pola siklus menstruasi dan jadwal subur hingga tiga bulan berikutnya.

Glow

Perempuan memiliki usia reproduksi dan kesuburan yang panjang. Akan tetapi, pola kesuburan tersebut dapat berubah karena pola hubungan seksual, kehamilan, dan menyusui. Dengan adanya faktor-faktor tersebut, aplikasi Glow membantu para penggunanya untuk memahami bagaimana masa kesuburan perempuan berkembang sesuai pola hidup yang sedang dijalani.

Tidak hanya sebagai pencatatan siklus menstruasi, Glow dapat membantu melacak kehamilan dan pencapaian bayi, kehidupan seks, serta perjalanan kesuburan.

Kindara

Kindara memiliki tampilan yang menarik bagi mereka yang ingin informasi lebih terperinci soal kesuburan, periode menstruasi tidak teratur, anovulasi, hingga perimenopause.

Aplikasi ini bisa melacak suhu basal tubuh dan perubahan serviks. Informasi kesuburan Anda pun diwakili oleh berbagai kode warna visual yang disesuaikan dengan pola menstruasi.

Flo

Keunggulan Flo dibandingkan aplikasi pelacak kesuburan lainnya adalah penggunaan kecerdasan buatan untuk dapat mengenal para penggunanya. Fitur tersebut mampu mendeteksi kesuburan pengguna berdasarkan semua gejala yang dituliskan setiap bulannya.

Para perempuan dengan siklus menstruasi yang tidak teratur dapat dengan mudah mendapatkan informasi kesuburan mereka karena adanya kecerdasan buatan yang disematkan dalam aplikasi Flo.


Baca juga artikel terkait MENSTRUASI atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight