Manfaat Masker Putih Telur untuk Perawatan Kulit Wajah

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 2 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Putih telur mengandung protein dan kolagen yang bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah.
tirto.id - Telur merupakan salah satu bahan makanan yang kaya protein dan memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sebagai bahan makanan, telur khususnya putih telur juga bermanfaat bagi kecantikan kulit.

Dilansir dari Thedermreview, perawatan masker putih telur kian populer di seluruh dunia, karena mereka menawarkan sejumlah manfaat bagi kulit tanpa efek samping, yang biasanya disebabkan oleh bahan-bahan seperti retinol dan alpha hydroxy acids.

Komponen utama dari telur adalah protein dimana dalam satu telur ayam bisa memiliki sekitar 3,6 protein.

Beberapa orang percaya bahwa protein yang ada di putih telur bisa mengencangkan kulit dan menyerap minyak dari dalam kulit.

Penggunaan masker telur cukup sederhana, hanya mengoleskan putih telur kepada wajah lalu dibilas ketika sudah mengering.

Mungkin cukup sederhana, namun dikutip dari Thedermreview, putih telur memiliki dua bahan penyusun yang penting yaitu protein dan kolagen, sehingga sangat berguna bagi memerangi peradangan kulit atau garis-garis halus keriput.

Protein yang terkandung dalam masker putih telur membantu kulit mempertahankan elastisitasnya yang sangat berguna dalam memerangi kerutan.

Kolagen yang ada di dalam putih telur juga mengisi garis-garis halus dan kerutan di wajah, namun menurut Medicalnewstoday, beberapa orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap putih telur yang dioleskan kepada tubuh.

Perlu dicatat bahwa kulit bertindak sebagai penghalang untuk melindungi seluruh tubuh. Hal ini berarti kulit bisa membatasi jumlah partikel kecil, seperti vitamin dan mineral, yang diserap tubuh ketika seseorang mengoleskan putih telur ke lapisan luar kulit, sehingga bisa saja efeknya hanya sementara.

Putih telur mengandung vitamin A yang bisa meningkatkan sensifitas kulit dan menimbulkan jerawat bagi beberapa individu.

Menurut Medicalnewstoday, ada beberapa kombinasi putih telur dengan bahan lain yang bisa digunakan untuk beberapa tipe kulit.

Untuk tipe kulit berminyak

Dianjurkan untuk mencampur putih telur dengan perasan air lemon yang memiliki kandungan anti bakteri.

· Campurkan putih telur dan lemon

· Cuci wajah dengan air hangat

· Aplikasikan masker tersebut pada wajah dengan arah keatas

· Tinggalkan sekitar 10 menit

· Cuci dengan air hangat

Selanjutnya kombinasi masker wajah ini dapat menyehatkan/memelihara kulit sekaligus mengencangkan pori-pori.

· Kocok putih telur hingga berstektur keras, ketika sudah terlihat putih dan berbusa, maka campurkan dengan satu sendok makan perasan jeruk lemon dan juga satu sendok makan madu.

· Cuci muka dengan air hangat

· Apikasikan masker

· Diamkan sekitar 15 menit

· Cuci wajah dengan air hangat

Untuk menutrisi kulit

· Blender satu satu putih telur dan 6 sampai 7 buah anggur
· Cuci muka dengan air hangat

· Aplikasikan pada kulit wajah dengan arah keatas

· Diamkan sekitar 15 menit

· Cuci wajah dengan air hangat

Efek samping

Masker putih telur bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori yang bisa menimbulkan jerawat. Selain itu, bisa juga menyebabkan penyebaran bakteri, karena putih telur mengandung salmonella.

Efek samping lainnya yaitu adanya iritasi dan kulit kering ketika kandungan aditif seperti lemon murni digunakan. Lebih baik tanyakan pada dokter kulit Anda sebelum menggunakan masker putih telur.


Baca juga artikel terkait MASKER PUTIH TELUR atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Kesehatan)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight