Gaya Hidup

Manfaat Makan Es Krim bagi Psikologis, Benarkah Bisa Bikin Bahagia?

Kontributor: Robiatul Kamelia - 22 Jul 2022 23:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat makan es krim bagi kesehatan mental dan fisik, sert tips menikmatinya.
tirto.id - Saat merasa lelah atau stres karena menghadapi banyaknya pekerjaan, bertengkar dengan pasangan/teman dekat, maupun sedang dalam kondisi bad mood, cobalah makan es krim, perasaan-perasaan tidak enak biasanya akan berkurang.

Es krim mengandung protein dan lemak, yang keduanya dibutuhkan tubuh untuk membantu meningkatkan suasana hati.

Asam amino yang dikonsumsi saat makan es krim, seperti triptofan, diketahui dapat meningkatkan produksi serotonin yang bisa membuat seseorang merasa tenang, puas, dan bahagia.

Manfaat Makan Es Krim


Dilansir dari laman ScienceTime, ternyata es krim dapat mempengaruhi tubuh Anda baik secara fisik maupun secara emosional.

Di bawah ini beberapa manfaat makan es krim untuk kesehatan fisik dan mental yang bisa dirasakan, salah satunya ketika Anda sedang dalam kondisi bad mood atau tidak enak hati

1. Memperbaiki Suasana Hati

Bahan utama es krim adalah susu yang kaya akan L-triptofan. Menurut penelitian, seperti dilansir situs parenting, L-triptofan ini diketahui dapat meningkatkan produksi serotonon yang memberikan rasa relaksasi pada sistem saraf.

Sehingga membantu Anda mengurangi kesedihan, depresi, stres dan kecemasan berlebih. L-triptofan juga membantu mengurangi gejala insomnia.

Selain menenangkan sistem saraf, es krim memberikan rangsangan pada trombotonin. Ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk memicu kebahagiaan dan kegembiraan.

Tak heran setelah mengonsumsi es krim, suasana hati yang tadinya cemas, sedih, depresi atau stress bisa sedikit terobati dengan beberapa suap es krim favorit Anda.

2. Meningkatkan Libido

Mengonsumsi es krim dengan teratur, bisa meningkatkan sirkulasi oksigen dan menjaga keseimbangan pH tubuh Anda.

Kandungan fosfor pada es krim juga membantu meningkatkan libido dengan menjaga kadar hormon testosteron Anda.

Hal ini bisa Anda lakukan di rumah bersama pasangan Anda. Rasakan sensasinya setelah makan es krim favorit bersama pasangan.

3. Sumber Vitamin

Karena bahan utama es krim adalah susu, es krim jelas mengandung berbagai vitamin yang baik untuk tubuh. Seperti vitamin A, B5, B12, C, D, dan E.

Bahkan es krim juga mengandung vitamin K yang sangat baik untuk mencegah pembekuan darah. Selain itu, es krim mengandung berbagai sumber sumplemen makanan seperti tiamin, ribovan, dan niasin.

4. Sumber Kalsium dan Fosfor

Es krim merupakan makanan olahan susu yang mengandung mineral yang baik, seperti kalsium dan fosfor.

Karena kandungan fosfor inilah, es krim bisa membantu mencegah syndrom PMS dan perubahan suasana hati pada wanita. Sedangkan kalsium, membantu menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat.

5. Sumber Energi

Selain mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik, es krim juga mengandung lemak, protein, dan karbohidrat. Karena itulah es krim merupakan salah satu sumber energi yang luar biasa.

Meski es krim memiliki banyak manfaat untuk tubuh, Anda tetap harus menjaga agar tidak berlebihan saat makan es krim.

Jika es krim dikonsumsi secara berlebihan, tentu hal ini menjadi sangat tidak baik untuk tubuh. Anda bisa mengalami obesitas dan berbagai komplikasi lainnya.

Tips Makan Es Krim


Setelah mengetahui manfaat dari makan es krim, maka Anda juga bisa mencoba tips makan es krim agar kenikmatan yang dirasa juga semakin bertambah.

    • Kendalikan porsi es krim yang Anda makan
    • Pilih es krim yang mengandung rendah gula dan rendah lemak
    • Tidak mengonsumsi es krim setiap hari
    • Sebisa mungkin memakan es krim homemade karena lebih bergizi dan Anda bisa mengatur jumlah gula saat membuatnya

Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Robiatul Kamelia
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Robiatul Kamelia
Penulis: Robiatul Kamelia
Editor: Dhita Koesno

DarkLight