Manfaat Kacang Polong: Cegah Diabetes, Kanker, & Baik untuk Jantung

Oleh: Balqis Fallahnda - 13 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kacang polong punya banyak manfaat bagi tubuh manusia, termasuk untuk pencernaan, mencegah diabetes dan kanker, serta penyakit jantung.
tirto.id - Kacang polong mengandung berbagai jenis gizi, dari protein, karbohidrat, serta merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Tentu saja, kandungan gizi dalam jenis kacang-kacangan ini punya manfaat bagi kesehatan manusia.

Secara khusus, kacang polong adalah sumber zat besi vegan yang diperlukan tubuh untuk membuat sel darah merah baru dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, serta vitamin B, yang membantu kita mengubah makanan menjadi energi.

Kacang polong juga merupakan sumber fosfor yang baik. 100 gram kacang polong menyediakan lebih dari 20% dari kebutuhan fosfor harian tubuh. Tubuh membutuhkan fosfor untuk membantu membangun tulang dan gigi yang kuat.

Kacang polong juga mengandung fitonutrien lutein dan zeaxanthin, yang keduanya terbukti memberikan manfaat bagi kesehatan mata dan mengurangi risiko degenerasi makula dan penyakit terkait mata. Demikian ditulis BBC Good Food.

Berikut ini berbagai manfaat kacang polong bagi kesehatan dikutip dari Healthline:

Baik untuk pencernaan

Kacang polong kaya akan serat, bermanfaat bagi pencernaan dengan menjaga aliran limbah melalui saluran pencernaan Anda dan menjaga bakteri usus tetap sehat.

Serat memberi makan bakteri baik di usus Anda yang membuat mereka tetap sehat dan mencegah kelebihan populasi bakteri tidak baik.

Ini dapat mengurangi risiko Anda terkena beberapa kondisi gastrointestinal yang umum, seperti penyakit radang usus, sindrom iritasi usus dan kanker usus besar.

Mengontrol gula darah & diabetes

Kacang polong memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya serat dan protein, yang semuanya merupakan faktor penting untuk pengendalian gula darah.

Ini karena serat memperlambat laju penyerapan karbohidrat yang mendorong kenaikan kadar gula darah yang lebih lambat dan lebih stabil.

Kacang polong bisa dibuat menjadi makanan yang baik untuk penderita diabetes, karena jenis kacang ini tidak meningkatkan gula darah.


Mencegah penyakit jantung

Kacang polong mengandung sejumlah mineral yang sehat untuk jantung, seperti magnesium, kalium, dan kalsium. Kacang polong membantu mencegah tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Kandungan serat pada kacang polong yang tinggi telah terbukti menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat, kedua kolesterol tersebut meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kacang polong juga menyediakan flavonol, karotenoid dan vitamin C, antioksidan yang telah terbukti mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan stroke karena kemampuannya mencegah kerusakan sel.

Mencegah kanker & tumor

Makan kacang polong secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit kanker, sebagian besar karena kandungan antioksidan kacang polong dan kemampuannya untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Kacang polong juga mengandung saponin, senyawa tanaman yang dikenal memiliki efek antikanker. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa saponin dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker dan memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan tumor.

Selain itu, kacang polong juga kaya akan beberapa nutrisi yang dikenal karena kemampuannya untuk menurunkan risiko kanker, termasuk vitamin K, yang memiliki kemungkinan besar dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat.

Baca juga artikel terkait KESEHATAN atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight